Kalsel

Ratusan Pendaki akan Kibarkan Merah Putih di Gunung Halau-Halau

apahabar.com, BARABAI – Setiap memperingati Ulang Tahun ke-74 RI dan merupakan tradisi tahunan para Mahasiswa Pencinta…

Featured-Image
Para pendaki dari Mapala Kalsel dan masyarakat umum akan mengibarkan merah putih di Gunung Halau-Halau, berfoto bersama di kantor Pemkab HST. Foto – apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI - Setiap memperingati Ulang Tahun ke-74 RI dan merupakan tradisi tahunan para Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) dari berbagai universitas dan sekolah tinggi di Kalsel akan melakukan pendakian gunung, untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak.

Kali ini sebanyak 156 pendaki terdiri dari Mapala dan masyarakat umum akan mendaki Gunung Halau-Halau dengan ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut (Mdpl) di Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang merupakan gunung tertinggi di Kalsel dan berada di pegunungan meratus.

Baca Juga: Tempuh 2000 Kilometer Perjalanan, Tim Touring Kemerdekaan Tiba di Malaysia

Sebagai pelakasana pendakian dengan misi mengibarkan merah putih di puncak dengan ketinggian 1.900 Mdpl itu adalah Mapala Redox dari STIE Indonesia Banjarmasin.

“Pendakian sekaligus pengibaran sang merah putih di Halau-Halau dimaksudkan untuk mengingat kembali jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga hanya untuk kemerdekaan RepublikIndonesia,” kata Ketua Pelaksana, Andreas Prasetya Budhi di depan Kantor Bupati HST sebelum keberangkatan rombongannya menuju Gunung Halau-Halau, Kamis (15/08).

Pemerintah Kabupaten HST menyambut sekaligus melepas keberangkatan mereka untuk melakukan pendakian dalam rangka peringatan HUT ke 74 RI.

“Atas nama Bupati serta mewakili masyarakat HST, saya mengucapkan terima kasih, penghargaan dan apresiasi yang tak terhingga atas pendakian dengan misi pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke-74 RI yang dilaksanakan oleh Mapala STIE Banjarmasin ini," kata Sekda HST, HA Tamzil.

Sebelum melapas rombongan itu, Tamzil berpesan agar momentum HUT RI dapat membangkitkan semangat patriotisme para pendahulu bangsa yang dengan penuh semangat, gagah berani, mengorbankan jiwa raga demi meraih kemerdekaan.

Dengan pendakian ini, lanjut Tamzil, menunjukkan mahasiswa pencinta alam telah merefleksikan perjuangan para pahlawan yang gagah berani, berjalan bercucur keringat, membakar semangat, dalam berjuang merebut kemerdekaan.

“Semangat ini hendaknya bisa ditiru generasi muda untuk melanjutkan dan mengisi kemerdekaan dengan nilai semangat patriotisme, rela berkorban dan meningkatkan nasionalisme,” pesan Tamzil.

img

Sebelum melepas 156 pendaki, Sekda HST, HA Tamzil mendapatkan kaos #savemeratus dari perwakilan Mapala Redox. Foto - bakabar.com/HN Lazuardi

Baca Juga: Gapura Perumahan Kelapa Gading Keliru Pasang Tahun Kemerdekaan

Reporter: HN LazuardiEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner