Hot Borneo

Ratusan Pendaftar Ikuti Seleksi Panwascam Bawaslu HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Total 143 orang telah mendaftar diri sebagai calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan…

Featured-Image
Pengumuman pendaftaran Panwascam masa kerja 2022-2024 di depan Kantor Bawaslu HSS. Foto-apahabar.com/Nuha

bakabar.com, KANDANGAN – Total 143 orang telah mendaftar diri sebagai calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di Jalan Jendral Sudirman Desa Tibung Raya, Kandangan.

Ketua Bawaslu HSS, Hasnan Fauzan mengatakan bahwa pendaftaran telah ditutup tanggal 27 September kemarin.

“Panwascam yang kami cari sebanyak tiga orang tiap kecamatan di seluruh wilayah HSS,” kata Husnan kepadabakabar.com, Rabu (28/9).

Persyaratan penerimaan Panwascam usia minimal 20 tahun dengan ijazah minimal SMA sederajat, identitas sesuai KTP harus berdomisili di HSS dan tidak terdaftar sebagai anggota partai politik (Parpol) atau sudah berhenti selama 5 tahun.

Tidak tergabung dalam tim sukses calon legislatif, calon kepala daerah seperti Bupati/Walikota, Gubernur, Presiden dengan syarat sudah berhenti 5 tahun.

“Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan berkas administrasi pendaftar, tanggal 12 Oktober nanti akan kami umumkan di Kantor Bawaslu HSS dan lewat media sosial,” ucap Hasnan Fauzan.

Selanjutnya, tanggal 14 sampai dengan 16 Oktober akan dilaksanakan tes tertulis yang lokasinya telah ditentukan Bawaslu HSS.

“Tes tertulis dengan sistem gugur, nantinya diambil 6 orang tiap kecamatan dan masuk dalam tahap wawancara,” ujarnya.

Hasil tes selanjutnya akan dipilih 3 orang yang akan menjabat sebagai Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat Kecamatan. Mereka akan dilantik tanggal 26 sampai 28 Oktober 2022.

Hasnan Fauzan menjelaskan, tugas Panwascam mengawasi seluruh tahapan pemilu 2024 untuk tingkat kecamatan baik pemilihan legislatif, kepala daerah, serta kepala negara atau presiden.

Menghadapi pesta demokrasi tahun 2024, Bawaslu HSS sudah mengajukan anggaran dan telah diakomodir pemerintah daerah.

Peraturan daerah (Perda) Pilkada Kabupaten HSS menyiapkan dana cadangan Rp 50 miliar untuk KPU, Bawaslu dan keamanan.

“Belum ditentukan dan masih menunggu berapa anggaran Bawaslu HSS. Untuk pemilu 2024, sementara ini kami sedang menjaring Panwascam,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner