Kalsel

PWM Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar 2025

apahabar.com, PELAIHARI  – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan baru saja melaksanakan Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil)…

Featured-Image
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan saat Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) II di Pendopo Pantai JBG Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan baru saja melaksanakan Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) II di Pendopo Pantai JBG Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut menghasilkan beberapa keputusan, di antaranya pelaksanaan Milad Muhammadiyah yang ke 110 di Kabupaten Tanah Bumbu menetapkan Kabupaten Tala sebagai tuan rumah Musyawarah Wilayah Muhammadiyah (Muswil).

Selain itu dilakukan penandatanganan fakta integritas dukungan untuk Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Muktamar Muhammadiyah tahun 2025 dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Kalimantan Selatan, Majelis dan Ortom tingkat Wilayah.

Wakil Ketua PWM Kalsel, Prof Dr H Ahmad Khairuddin, M. Ag dalam paparannya mengatakan, Kalsel telah layak untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Muktamar Muhammadiyah tahun 2025 akan datang.

Ia menjelaskan kenapa Kalsel layak mencalonkan diri sebagai tuan rumah Muktamar.

Pertama Muhammadiyah Kalsel di tahun 2025 memasuki usia emas karena diisi oleh kader-kader muda dan produktif. Kedua, kekuataan amal usaha Muhammadiyah yang semakin pesat perkembangannya.

Ketiga, support dan dukungan dari pemerintah daerah yang begitu kuat terkait pelaksanaan Muktamar.

"Selanjutnya Kalsel dalam sejarah hanya pernah satu kali menjadi tuan rumah muktamar yang dulu disebut kongres tahun 1935 sebelum kemerdekaan Indonesia, pasca kemerdekaan Kalsel belum pernah melaksanakan menjadi tuan rumah muktamar Muhammadiyah," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin ini.

Inilah kata dia alasan kuat kenapa Kalsel, layak menjadi tuan rumah muktamar.

“Kami pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalsel, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten/Kota Se Kalimantan Selatan, serta Ortom Muhammadiyah telah sepakat untuk mengajukan diri Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Muktamar Muhammadiyah 2025 mendatang,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan kesiapan PWM Kalsel sebagai tuan rumah Muktamar 2025 telah didukung berbagai infrastruktur yang memadai untuk menyambut ribuan peserta Muktamar.

“Di tahun 2025 kami rasa kita di Kalsel ini telah memiliki fasilitas Bandara Internasional Syamsudinnor dan Pelabuhan Trisakti untuk akses pesertu menuju ke Kalsel. Setelah itu kami juga telah memiliki kampus UMB di Batola. Kemungkinan jembatan di alalak itu juga sudah selesai 5 tahun yang akan datang,” ujarnya.

Perihal yang sama dispaikan Anggota DPRD Kalsel Zulfa Asma Vikra saat hadir di Kegiatan Muspimwil II.

“Kami mendukung Kalsel menjadi tuan rumah muktamar 2025 sesuai hasil muspimwil," ujarnya.

Menurut Zulfa yang juga Ketua Majelis Lingkungan Hidup PWM Kalsel Karena Kalsel juga sudah sangat memadai untuk menjadi tuan rumah, dilihat dari segi sejarah, infrastruktur yang ada, sumber daya kader yang mumpuni, serta dukungan dari pihak lainnya.

"Kemungkinan jika disetujui, Muktamar 2025 tersebut akan dilaksanakan di Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar,"tutupnya.

Baca Juga:Korban Diduga Tenggelam Bernama Muammar Khadafi

Baca Juga: Warga Kuin Selatan Diduga Tenggelam Saat Mandi di Sungai, BPBD Langsung Lakukan Penyisiran

Reporter: AHC14
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner