Hot Borneo

Rumah Warga di Candi Laras Utara Tapin Hancur Dihantam Puting Beliung

Akibat cuaca ekstrem sejumlah rumah di Kecamatan Candi Laras Utara hancur terkena angin puting beliung.

Featured-Image
Personil BPBD Kabupaten Tapin saat melakukan groundcheck dan pendataan warga terdampak angin puting beliung. Foto: Pusdalops-PB BPBD Tapin

bakabar.com, RANTAU - Akibat cuaca ekstrem sejumlah rumah di Kecamatan Candi Laras Utara hancur disapu angin puting beliung. BPBD Tapin pun langsung melakukan groundcheck dan pendataan warga terdampak.

Kejadian angin puting beliung itu pada Pukul 13.06 Wita Jumat (18/11) kemarin, tepatnya di Desa Sungai Salai RT 02 RW 01 Kelurahan Sungai Salai, Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin.

"Setelah kita lakukan groundcheck dan pendataan, ada empat rumah warga yang terdampak puting beliung," jelas Rahmat Amrullah, Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, Sabtu (19/11).

Adapun hasil pendataan akibat kejadian itu rumah yang terdampak yakni, atas nama Fitrianor 2 KK 4 Jiwa Kerusakan 100 persen, Taufik 1 KK 3 Jiwa Kerusakan 30 persen, Acut 2 KK 7 Jiwa Kerusakan 30 persen, dan terakhir Ratih 1 KK Kerusakan 10 persen.

"Satu unit rumah 100 persen ambruk sisanya rusak ringan. Alhamdulillah untuk korban nihil, baik itu luka ataupun jiwa," jelasnya Amrullah.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Tapin telah melakukan antisipasi persiapan menghadapi cuaca ekstrim.

Berdasarkan hasil prediksi, menyebutkan curah hujan di Kabupaten Tapin diperkirakan meningkat pada November hingga Januari 2023 mendatang.

Kepala Pelaksana BPBD Tapin, Raniansyah mengakui telah melakukan pemetaan daerah berpotensi rawan terjadi bencana di Kabupaten Tapin.

Terkait hal itu, pihaknya telah mengajak aparat desa agar memasifkan pemantauan wilayah masing-masing.

"Kita terus melakukan pemantauan. Jadi, bila ada informasi silakan sampaikan ke posko Gabungan yang telah disiapkan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner