Hot Borneo

Punya Banyak Wisata Pantai, Pokdarwis Tala Diajak Susun Program Strategis

apahabar.com, BANJARMASIN – Punya banyak potensi wisata pantai, para Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Tanah Laut…

Featured-Image
Kepala bidang destinasi pariwisata Dinas Pariwisata Kalsel, Mugeni. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Punya banyak potensi wisata pantai, para Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Tanah Laut diajak susun program strategis.

Selain harus bisa unjuk gigi di media sosial, pengelola mesti lebih kreatif memberikan pelayanan untuk para pengunjung.

Hal itu tak lain untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan ekonomi masyarakat.

Hal itu menjadi fokus Dinas Pariwisata Kalsel dalam safari pelatihan mereka di Kabupaten dan kota.

Kepala bidang destinasi pariwisata Dinas Pariwisata Kalsel, Mugeni mengatakan program pelatihan meningkatkan kapasitas SDM pelaku pariwisata merupakan kegiatan strategis yang harus ditingkatkan sebagai pendukung percepatan pembangunan pariwisata di Kalsel.

Pokdarwis sangat penting bagi kemajuan pariwisata di Kalsel, mengingat mereka merupakan ujung tombak sekaligus perpanjangan tangan pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin membina masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis agar mampu menyusun program pemanduan wisata sederhana yang sesuai dengan dinamika dan potensi yang ada. Selain itu, kami juga ingin memberikan pemahaman betapa pentingnya etika dan sikap dalam peningkatan kualitas pelayanan yang handal," kata Mugeni, Tanah Laut, Kamis (7/7).

Dalam kesempatan ini, Mugeni juga mendorong SDM Pokdarwis Kabupaten Tanah Laut untuk bisa mengembangkan objek wisata yang dikelola sesuai dengan prinsip Sapta Pesona dan standar Cleanliness, Health, Safety dan Environment (CHSE).

"Kita ingin Sapta Pesona, khususnya terkait dengan keamanan bisa diterapkan teman-teman Pokdarwis ditempat wisata yang mereka kelola. Jika sudah aman, pengunjung juga akan nyaman berwisata, sehingga mereka tidak jera berkunjung kembali dan ini akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan, serta kemajuan ekonomi masyarakat setempat," ucap Mugeni.

Mugeni pun berharap, pelatihan ini dapat memperluas pengetahuan pengelola Pokdarwis di Kabupaten Tanah Laut dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan aktivitas pengembangan kepariwisataan, khususnya ekowisata agar menjadi aktivitas wisata yang digemari masyarakat.



Komentar
Banner
Banner