Pemkab Banjar

Puncak Harjad ke-74 Kabupaten Banjar, Saidi Mansyur Paparkan Sederet Pencapaian

Puncak Hari Jadi (Harjad) ke-74 Kabupaten Banjar, digelar di Alun – Alun Ratu Zalecha Martapura, Senin (2/9/2024).

Featured-Image
Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama Wakillnya Habib Idrus Al-Habsyie saat menyampaikan pencapaian di Harjad ke-74 Kabupaten Banjar, Senin (2/9). Foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Momentum puncak Hari Jadi ke-74 Banjar di Alun–Alun Ratu Zalecha Martapura, Senin (2/9), menjadi kesempatan Bupati H Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie memaparkan berbagai pencapaian selama memimpin.

Mengusung tema 'Rakat Bersama', Hari Jadi ke-74 Banjar merupakan perwujudan dari komitmen untuk terus bergerak maju mengatasi tantangan, serta mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan inklusif untuk masyarakat.

“Keberhasilan pembangunan adalah hasil kerja keras dan gotong royong seluruh komponen masyarakat Banjar. Selama 4 tahun berjalan, terdapat beberapa pencapaian pembangunan yang patut dibanggakan dan disyukuri," ungkap Saidi.

“Salah satunya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang ditandai pertumbuhan ekonomi 4,35 persen dan penurunan angka kemiskinan menjadi 2,3 persen," imbuhnya.

Capaian tersebut menjadikan Banjar salah satu kabupaten dengan tingkat kemiskinan terendah di Indonesia. Sementara cakupan layanan kesehatan semesta mencapai 98,42 persen hingga 2024.

"Pemkab Banjar juga terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital. Ini menjadi alternatif  masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di zaman serba digital,” jelas Saidi.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan dari Bupati Banjar berupa  17 kendaraan operasional kepada tenaga sosial keagamaan di Kecamatan Paramasan. Kemudian penyerahan manfaat kepada nasabah program dana pinjaman Kurma Manis PT BPR Martapura Banjar Sejahtera.

Saidi juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Sumiatin yang menjadi menjadi juara Kader Posyandu Tingkat Kalimantan Selatan, serta pemenang lomba Inovasi Tangguh dan Andalan kategori ASN/SKPD dan umum/masyarakat.

Sementara Bupati Banjar juga mendapatkan Buku Saku 17 Fatwa MUI dari Ketua MUI Banjar, dan piagam penghargaan dari Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Kalsel.

Juga diserahkan surat pencatatan ciptaan dari Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Kemenkumham kepada Ketua TP PKK Banjar, Hj Nurgita Tiyas, sebagai pemegang hak cipta seni motif dengan judul ciptaan lendang manis.

Kemudian di akhir acara, dilakukan peninjauan stand Kuliner Rakat Bersama yang berisi aneka makanan dari SKPD lingkup Pemkab Banjar.

Editor


Komentar
Banner
Banner