Tak Berkategori

Puncak Harjad ke-56 Tabalong, Momentum Melanjutkan Estafet Pembangunan Lebih Maju

apahabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar puncak peringatan hari jadi (Harjad) ke-56 di halaman Pendopo…

Featured-Image
Bupati H Anang Syakhfiani menyambut Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin yang berhadir dalam puncak peringatan Harjad ke-56 Kabupaten Tabalong. Foto – apahabar.com/M Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar puncak peringatan hari jadi (Harjad) ke-56 di halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Selasa (7/12).

Bupati H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, momentum Harjad ke-56 Tabalong 2021 sebagai pemicu semangat untuk melanjutkan estafet pembangunan demi meraih cita-cita besar para penuntut kabupaten serta para pemimpin terdahulu agar Tabalong jadi daerah yang maju, sejahtera dan mandiri.

“Menurut hemat kami, pembangunan daerah merupakan sebuah proses yang keberlanjutan, dan Alhamdulillah pemimpin Tabalong terdahulu sudah melakukan yang terbaik dan meletakan pondasi yang kokoh, sehingga kami bisa mencapai berbagai keberhasilan dalam pembangunan di Tabalong,” kata Anang.

Anang bilang semua pembangunan dan kemajuan yang ada di Kabupaten Tabalong juga berkat dukungan Gubernur beserta jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Karena tanpa adanya dukungan dari Bapak Gubernur, sulit kiranya kami untuk maju dan berkembang menjadi seperti yang sekarang ini,” ucapnya.

Setelah 56 tahun menjadi daerah otonom, Kabupaten Tabalong terus bertransformasi. Tidak hanya sebagai pintu gerbang Kalsel. “Namun kami juga terus berupaya untuk menjadi etalase dan serambi depan Kalsel di wilayah Utara yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur,” sambungnya.

Menurut Anang posisi strategis semakin menguntungkan Tabalong yang akan menjadi daerah penunjang Ibu Kota Negara Baru (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, yang jaraknya hanya sekitar 239 Km dari Kabupaten Tabalong.

“Kami menyadari bahwa untuk menjadi etalase dan serambi depan Provinsi Kalimantan Selatan yang terdepan dengan Ibu kota Negara Baru, sudah barang tentu banyak hal yang harus dipersiapkan,” bebernya.

Lebih jauh Anang mengatakan, di sektor pertanian pihaknya saat ini memiliki Pasar Agribisnis di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai yang nantinya tidak hanya sebagai pusat perdagangan produk lokal. Akan tetapi juga bisa menampung produk dari daerah lain di Kalsel, sehingga semakin memperluas pasar untuk produk pertanian Banua.

“Dunia industri juga sedang kami siapkan sebagai langkah konkrit pengembangan perekonomian Tabalong kedepan, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2021,” sebut Bupati Anang.

Pemkab Tabalong juga sedang membangun Kawasan Peruntukan Industri di Desa Saradang Kecamatan Upau dengan luas lebih dari 3.200 hektar yang mampu menampung puluhan pabrik, gudang, perkantoran dan lain sebagainya.

Pengembangan produk karet juga terus dilakukan melalui kerjasama dengan Bank Mandiri dalam penguatan modal Unit Pengelolaan Pemasaran Bokar. Selain itu, melalui kesepakatan bersama Kodim 1008 Tanjung dan Polres Tabalong tentang pelaksanaan Gerakan Masyarakat Meningkatkan Mutu Karet.

Begitu juga pada sektor peternakan dan hortikultura yang mendapat dukungan dari Bank Kalsel untuk mengembangkan cluster sapi potong dan penguatan permodalan Hortikultura di Kabupaten Tabalong.

“Tidak cukup hanya mempersiapkan infrastuktur dan perekonomia, namun kami juga terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat. Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan Tabalong sebagai WBK dan WBBM yang dilaksanakan secara konkrit di dalam lingkup Zona Integritas,” terang Anang.

Terlepas dari semua keberhasilan, apresiasi dan penghargaan yang diperoleh, pihaknya menyadari masih banyak lagi harapan dan keinginan masyarakat yang belum terpenuhi.

“Kami beserta jajaran di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong dan rekan-rekan Forkompinda berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat,” pungkas Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Acara ini Hari Jadi ke-56 Tabalong dihadiri Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin beserta jajarannya, Bupati dan Wakil Bupati Tabalong beserta jajarannya, Bupati/Walikota se-Kalsel, Bupati kabupaten tetangga di Kaltim dan Kalteng.

Bupati dan Wakil Bupati Tabalong terdahulu, pimpinan perusahaan dan perbankan, keluarga penuntut berdirinya Kabupaten Tabalong serta undangan lainnya.



Komentar
Banner
Banner