Sport

Puncak Haornas ke-36, Bukti Gerakan Olahraga Sudah Masif di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Ribuan orang memeriahkan rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36 di Banjarmasin. Kegiatan itu…

Featured-Image
Ribuan peserta Gowes Nasional dalam rangkaian peringatan Haornas ke-36 di Banjarmasin. Foto-antara.

bakabar.com, BANJARMASIN – Ribuan orang memeriahkan rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36 di Banjarmasin.

Kegiatan itu dirangkai dengan program sepada santai, Gowes Nusantara 2019 dan pemecahan rekor MURI dengan melibatkan 5.000 karateka.

Untuk Gowes Nusantara dilepas langsung Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di depan Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (08/09). Peserta menempuh rute sekitar 25 km mengelilingi Kota Seribu Sungai.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin Muhammad Taufik Rivani dikutip dari Antara mengungkapkan, panitia memasang target 5.000 peserta akan mengikuti program sepeda santai yang digagas Kemenpora tersebut.

“Namun laporan terakhir yang saya terima diperkirakan tujuh hingga delapan ribu peserta yang berpartisipasi,” kata Taufik.

Program yang bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam olahraga dan memasyarakatkan olahraga itu telah dilaksanakan di 50 titik kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia. Dan kota Padang sebagai tuan rumah seri pertama 31 Maret lalu.

Sementara Banjarmasin menggelar seri pamungkas sekaligus bertepatan pada puncak peringatan Haornas ke-36 yang jatuh pada 9 September 2019.

Setelah ribuan peserta Gowes Nusantara dilepas, Kota Banjarmasin juga menyaksikan gerakan masif olahraga lainnya yaitu pemecahan rekor MURI gerakan kata yang diikuti oleh lebih dari 5.000 karateka.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta berharap, kedua gerakan itu menginspirasi masyarakat untuk berolahraga.

Hal ini sesuai dengan peringatan Haornas 2019, yakni sebagai momentum mendorong masyarakat agar lebih aktif berolahraga. “Ini berarti gerakan olahraga di sini sudah masif,” ungkap Isnanta bangga.

Baca Juga: Peringati Haornas, Ratusan Warga Tanbu Ikut Jalan Santai

Baca Juga: Haornas 2019, Kalsel Pecahkan Rekormuri Karateka Terbanyak se-Indonesia

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner