Tak Berkategori

Puluhan Rumah di Tiga Kecamatan HSS Dapat Bantuan Sosial Program Rumah Sejahtera

apahabar.com, KANDANGAN – Puluhan rumah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dapat bantuan dana sosial program…

Featured-Image
Sekda HSS Muhammad Noor menyerahkan Dana Bantuan Sosial Program Rumah Sejahtera Tahun 2019 di Kecamatan Sungai Raya. Foto-Protokol dan Kehumasan HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Puluhan rumah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dapat bantuan dana sosial program rumah sejahtera dari pemerintah setempat. Mereka tersebar di tiga kecamatan yang berbeda.

Penyerahan dana bantuan sosial itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) HSS Drs H Muhammad Noor MAP di Balai Desa Batang Kulur Kiri, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (6/8).

Baca Juga: HSS Sabet Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi

Selain itu, ia juga menyerahkan bantuan kepada warga di Kecamatan Simpur dan Kecamatan Kalumpang, secara bergilirian.

Untuk tahun ini, sedikitnya 25 unit rumah di Kecamatan Sungai Raya masuk dalam program rumah sejahtera. Sedangkan Kecamatan Kalumpang sebanyak 34 rumah dan Kecamatan Simpur 37 rumah.

Kepala Dinas Sosial Hj Siti Erma S Sos, MAP mengungkapkan, bantuan yang diberikan sebesar Rp13.908.000 untuk masing-masing rumah.

Dana itu di bagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertama dan kedua diberikan masing-masing sebesar Rp5.000.000. Selanjutnya tahap ketiga diserahkan sebesar Rp3.908.000 untuk menyelesaikan dan menyempurnakan bangunan, termasuk proses pengecatan rumah.

“Jika sudah membeli bahan bangunan, akan diberikan lagi untuk pengerjaan. Dan tahap ketiga untuk penyempurnaan Rumah Sejahtera,” terang Siti Erma.

Rumah para penerima manfaat yang telah direhab, harus dicat dan diseragamkan untuk warnanya, dengan warna biru.

Warna yang sama dimaksudkan untuk memudahkan mengenali Rumah Layak Huni yang telah dikerjakan.

Sementara itu, Sekda H Muhammad Noor di hadapan warga penerima manfaat, mengatakan penyerahan kali ini berbeda dengan seperti biasa.

"Biasanya Bupati HSS yang menyerahkan langsung bantuan kepada para penerima manfaat. Karena beliau masih dalam tahap pemulihan pasca operasi. Mohon doa, agar beliau bisa beraktivitas dan kembali bertemu dengan bapak ibu sekalian," pinta M Noor.

Menyempaikan pesan bupati, semakin cepat diserahkan bantuan tersebut, semakin cepat pula dikerjakan. Dan masyarakat juga bisa segera menempati rumah yang nyaman.

Bupati, katanya juga berpesan, agar rumah diperbaiki dengan benar dan nyaman untuk ditinggali masyarakat.

"Dana bantuan sosial untuk program Rumah Sejahtera sangat terbatas. Untuk itu hendaknya dikelola dengan bijak. Agar cukup untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak,” pungkasnya.

Baca Juga: Sekda HSS Lepas Peserta Festival Olahraga Antar ASN

Reporter: Simah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner