Tak Berkategori

Pulau Rusa, Tempat Wisata Alam Baru di Kalsel

apahabar.com, MARTAPURA – Potensi keindahan alam di Kalsel coba digarap. Salah satunya Pulau Rusa di kawasan…

Featured-Image
Pulau Rusa yang diambil dari udara. Foto-antara.

bakabar.com, MARTAPURA – Potensi keindahan alam di Kalsel coba digarap.Salah satunya Pulau Rusa di kawasan Taman Hutan Rakyat Sultan Adam yang terletak di gugusan pulau Waduk Riam Kanan, Kabupaten Banjar.

Dikutip dari Antara, tempat ini rencananya akan segera dibuka sebagai tempat tujuan wisata alam baru di Kalsel. Pulau Rusa sendiri memiliki luas sekitar 4,5 hektare dan mampu menampung sekitar 100 ekor rusa.

Baca Juga: Rumah Sakit di Tanbu Siap Tampung Caleg Stres

Bukan hanya menunjukkan keindahan alam, Pulau Rusa juga sejuk dan tenang. Sehingga cocok bagi wisatawan yang menyukai kehidupan alam.

Untuk menuju Pulau Rusa juga tidak terlalu sulit. Dari dermaga Riam Kanan, wisatawan bisa menyeberang dengan menyarter klotok atau perahu mesin. Klotok ini bisa ditumpangi lebih dari 20 orang. Biayanya pun relatif terjangkau sekitar Rp300 ribu.

Sedikitnya ada sekitar tujuh ekor Rusa Totol didatangkan dari istana Bogor. Saat ini rusa tersebut telah berada di habituasi baru yang berada di Pulau Rusa.

Ikut menyertai kedatangan Rusa Totol tersebut, seorang dokter hewan untuk memeriksa kondisi fisik dan psikis hewan tersebut.

img

Rusa Totol yang ada di Pulau Rusa. Foto-antara.

“Saat ini, kita baru mendapatkan tujuh ekor rusa yang terdiri dari lima ekor betina dan dua ekor jantan, tahun depan, kami akan mengajukan agar mendapatkan kembali alokasi Rusa Tutul ini,” kata Kepala Dinas Provinsi Kalsel Hanif Faisol Nurofiq, dikutip dari Antara.

Dengan seiring waktu, Hanif yakin hewan ini akan tumbuh dan berkembang biak. Sehingga bisa lebih banyak.

“Mungkin saat ini baru tujuh ekor rusa, namun perkembangan hewan ini cukup cepat seperti kambing, sehigga diharapkan dalam waktu dekat akan bertambah dan berkembang biak dengan baik,” terangnya.

Terkait makanannya, Rusa Totol masih diberi makanan ubi. Namun ke depan diharapkan akan ada tambahan makanan khusus bagi rusa-rusa tersebut. Penasaran?

Baca Juga: Eksekusi Penggusuran, Isak Tangis Pecah di Kolong Jembatan Antasari

Editor : Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner