Sport

Preview Badak Lampung vs Barito: Kejar Kemenangan Perdana

apahabar.com, LAMPUNG – Semasa menjadi pemain dan asisten pelatih, Yunan Helmi sudah sering meraih kemenangan bersama…

Featured-Image
Infografis-apahabar.com/Zulfikar

bakabar.com, LAMPUNG – Semasa menjadi pemain dan asisten pelatih, Yunan Helmi sudah sering meraih kemenangan bersama Barito Putera. Sekarang menghadapi Perseru Badak Lampung, Yunan mengincar kemenangan perdana sebagai pelatih.

Yunan menyelesaikan debut sebagai pelatih kepala di Liga 1 dengan catatan cukup baik. Barito dibawa meraih 1 poin, seusai menahan PSIS Semarang tanpa gol di Stadion Jatidiri Semarang.

Hasil tersebut dipastikan menjadi modal positif menyambut tantangan Badak Lampung di Stadion Sumpah Pemuda, Jumat (05/07/2019). Terlebih dari 4 pertandingan sebelumnya, Laskar Antasari juga cuma mampu meraih 1 poin.

“Kami masih dalam transisi sepeninggal Jacksen Tiago. Fokus kami sekarang adalah memperbaiki keadaan internal dan meningkatkan motivasi bertanding pemain,” ungkap Yunan.

“Hasilnya sudah dapat dilihat dari pertandingan terakhir melawan PSIS. Kami juga menjalani dua hari persiapan di Yogyakarta sebelum berangkat ke Lampung,” imbuhnya.

Hasil imbang yang diperoleh Barito melawan PSIS cukup layak diperhatikan Badak Lampung. Terlebih sebelumnya Barito belum pernah meraih satu pun poin dari partai tandang.

Di sisi lain, Badak Lampung tidak dalam kondisi yang lebih baik. Skuad asuhan Jan Saragih ini menderita sepasang kekalahan beruntun di kandang.

Setelah dikalahkan PSIS 0-1, Laskar Saburai dicukur Bali United tiga gol tanpa balas. Kekalahan itu menahan Badak Lampung di urutan 13 klasemen, kendati unggul empat peringkat atas Barito.

Kini TA Musyafri dkk juga bertekad memenangi laga demi meraih kemenangan perdana di kandang sendiri.

“Secepatnya kami kembali fokus dan berusaha mengembalikan performa yang menurun dalam dua pertandingan terakhir,” tegas Jas.

“Itu lebih krusial, ketimbang melihat posisi Barito yang masih di zona degradasi. Saya ingin semua pemain tidak tegang dan melupakan dua kekalahan terakhir,” imbuhnya.

Sebelum berhadapan di Liga 1 2019, Badak Lampung pernah menjajal kekuatan Barito dalam uji coba di Yogyakarta. Gol semata wayang Rafael da Silva Santos menjadi penentu kemenangan Barito di bawah asuhan Jacksen F Tiago.

Rafael pun berpotensi ditempatkan Yunan sebagai starter untuk menghadapi Badak Lampung kembali. Terlebih pria kelahiran Brasil ini sudah menyumbangkan 2 gol dari 5 pertandingan.

Dua gol tersebut menempatkan Rafael sebagai pemain tertajam dari total 4 gol yang dibukukan Barito di Liga 1 2019. Gol-gol lain disumbangkan Evan Dimas dan bunuh diri Herman Dzumafo.

“Kami membawa 20 pemain ke Lampung. Siapapun dapat menjadi starter, tergantung kesiapan mereka sebelum pertandingan,” tegas Yunan.

Sebaliknya produktivitas Badak Lampung juga tidak lebih baik dari Barito. Mereka baru mencetak 3 gol, 2 di antaranya dicetak Abdul Rahman Lestaluhu yang notabene gelandang sayap.

Prakiraan Formasi:
Badak Lampung 4-4-2:

Daryono; Arthur Irawan, Kunihiro Yamashita, Zainal Haq, Syahria Mustofa; Jefri Kurniawan, M Fahri, Marquinhos, TA Musafri; Francisco Torres, Suhandi

Barito Putera 4-2-3-1:
Aditya Harlan; Dandi Maulana, Doni Monim, Andri Ibo, Ronny Beroperay; Paulo Sitanggang, Lucas Silva; Evan Dimas, Rizky Pora, Samsul Arif; Rafael Silva

5 Laga Terakhir Badak Lampung FC:
30/06/2019 Badak Lampung 0-3 Bali United
26/06/2019 Badak Lampung 0-1 PSIS Semarang
21/06/2019 Semen Padang 1-2 Badak Lampung
28/05/2019 Kalteng Putra 0-1 Badak Lampung
24/05/2019 PSM Makassar 4-0 Badak Lampung

5 Laga Terakhir Barito Putera:
30/06/2019 PSIS Semarang 0-0 Barito Putera
22/06/2019 Barito Putera 1-2 Kalteng Putra
28/05/2019 Bhayangkara FC 4-2 Barito Putera
24/05/2019 Barito Putera 0-1 Madura United
20/05/2019 Barito Putera 1-1 Persija Jakarta

Baca Juga: Ini yang Jadi Fokus Yunan Saat Barito Hadapi Badak Lampung FC

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner