Rantis Maung

Prabowo-Jokowi Akur Mengendarai Rantis Maung, Segahar Apa Speknya?

Pada acara yang digelar beberapa hari lalu itu, kedua tokoh nasional tersebut terlihat akur saat mengendarai "harimau" atau Maung.

Featured-Image
Jokowi dan Prabowo saat mengendarai rantis maung di Rapim Kemhan. (Foto: dok. Presiden RI)

bakabar.com, JAKARTA - Ada momen unik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) 2023.

Pada acara yang digelar beberapa hari lalu itu, kedua tokoh nasional tersebut terlihat akur saat mengendarai "harimau" di acara tersebut.

Tapi, harimau yang dimaksud di sini bukan binatang sungguhan loh, melainkan kendaraan taktis (rantis) yang dinamakan Maung, berarti harimau dalam Bahasa Sunda.

"Menjajal kendaraan "Maung" yang dikemudikan Pak Prabowo Subianto, seusai memberikan arahan dalam Rapim Kementerian Pertahanan 2023, siang ini." kata Presiden seperti dilansir bakabar.com dari akun Instagram @jokowi.

Baca Juga: Perluas Pasar, Shell Akuisisi Penyedia Pengisian Daya Kendaraan Listrik

"Kendaraan ini dirancang oleh PT Pindad untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan," tambahnya.

Maung yang berarti harimau merupakan sebuah kendaraan taktis ringan tempur jarak dekat modular 4x4 dengan medan offroad yang diproduksi di dalam negeri oleh PT Pindad yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit Puji Santosa menjelaskan, varian tangguh bisa dilengkapi dengan senjata.

Baca Juga: Hyundai dan Kia Catat Kenaikan Penjualan 4,2 Persen Sepanjang 2022

Oleh karena itu, versi ketiga dari Maung itu dapat digunakan sebagai kendaraan taktis dalam peperangan.

"Variannya ada komando untuk para komandan atau kolonel ke atas, itu yang hard-top jadi atapnya removable hard-top. Kemudian ada yang versi soft-top, varian jelajah. Jadi ada tiga varian, komando, jelajah, dan tangguh," ungkap Sigit.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner