News

Prabowo-Gibran Mendominasi di Rutan Marabahan, Fahrin Raih Suara DPRD Kalsel Terbanyak

Perolehan suara yang cukup telak dibukukan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam pemilihan presiden dan wakil presiden di TPS Khusus 901 Rutan Kelas

Featured-Image
Sejumlah warga binaan Rutan Marabahan menunggu panggilan memilih di TPS Khusus 901 Kelurahan Ulu Benteng. Foto: Rutan Marabahan

bakabar.com, MARABAHAN - Perolehan suara yang cukup telak dibukukan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam pemilihan presiden dan wakil presiden di TPS Khusus 901 Rutan Kelas IIB Marabahan, Barito Kuala (Batola).

Selayaknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang lain, warga binaan di Rutan Marabahan memilih hak memberikan suara di hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2).

Hasilnya Prabowo-Gibran berhasil meraih 156 suara dari total 238 suara sah. Pasangan yang diusung Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB dan Garuda ini unggul cukup telak atas pasangan lain.

Sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menempati peringkat kedua dengan 43 suara. Mereka hanya terpaut 4 suara dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mendapatkan 39 suara.

"Alhamdulillah proses pemilihan di Rutan Marabahan berlangsung lancar dan kondusif," ungkap Kepala Rutan Marabahan Herry Muhamad Ramdan, melalui Kasubsi Pengelolaan Syarifuddin, Kamis (15/2).

Total 266 warga binaan yang berhak memberikan suara. Mereka terdiri dari 263 laki-laki dan 3 perempuan.

Dari total pemilih, 157 di antaranya merupakan pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kemudian 109 warga binaan masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Dalam pelaksanaan pemungutan suara, warga binaan dipanggil per kelompok untuk memberikan suara secara bergantian," beber Syarifuddin.

"Kami juga bersinergi dengan TNI dan Polri untuk membantu pengamanan TPS," sambungnya.

Adapun hasil pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), banyak warga binaan Rutan Marabahan yang memilih Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim.

Pria yang dikenal sebagai Habib Banua itu meraih 47 suara, mengungguli Gusti Farid Hasan Aman dengan 37 suara dan Antung Fatmawati 30 suara.

Sementara perolehan suara terbanyak DPR RI dipegang Pangeran Khairul Saleh dengan 111 suara. Disusul Bahrul Ilmi 7 suara dan Bambang Heri Purnama 4 suara.

Adapun Fahrin Nizar meraih suara terbanyak DPRD Kalimantan Selatan dengan 86 suara. Kader PDI Perjuangan ini unggul jauh atas Habib Ahmadi Alatas dengan 9 suara dan Muhran 4 suara.

Khusus pemilihan anggota DPRD Batola, 32 warga binaan Rutan Marabahan yang memperoleh hak pilih. Hasilnya H Gazali Rahman mendapatkan 21 suara, disusul Syarif Faisal 4 suara dan Basrin 2 suara.

Editor
Komentar
Banner
Banner