News

Prabowo-Gibran 'Menang' Satu Putaran

Pasangan nomor 02, Prabowo - Gibran menang 1 putaran versi quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survey.

Featured-Image
Pasangan 02, Prabowo - Gibran menang 1 putaran versi Quick Count

bakabar.com, BANJARMASIN – Pasangan nomor urut 02, Prabowo – Gibran dipastikan “memenangkan” pemilihan presiden dan wakil presiden dalam 1 putaran pada Pemilu 2024. Setidaknya, inilah yang tergambar dari hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survey, hingga Rabu (14/2) sore hari ini.

Dari hasil hitung cepat yang disiarkan di sejumlah stasiun TV nasional, pasangan Prabowo – Gibran mampu meraih dukungan suara sebesar 58 % - 59 %, jauh meninggalkan dua pasangan capres dan cawapres lainnya.

Hingga pukul 18.00 Wita, pasangan Prabowo – Gibran sulit dikejar oleh dua pasangan kandidat lainnya, karena sebagian besar dari lembaga survey yang melakukan quik count, jumlah suara TPS yang menjadi sampling di seluruh Indonesia sudah mencapai rarat-rata 80 %.

Artinya, perolehan suara hasil quick count dianggap sudah stabil dan jika terjadi perubahan paling banyak hanya sekitar 1 % hingga 2 %.

Pasangan nomor urut 01, Anis Baswedan – Muhaimin Iskandar hanya mampu meraih suara sekitar 23 % sedangkan pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo – Mahfud MD perolehan suaranya berkisar 17 %.

Dari data suara hasil quick count, dipastikan pasangan 02, Prabowo Gibran tidak mungkin terkejar lagi oleh dua pasangan kandidat lainnya.

Dengan demikian, dari hasil quick count ini, pasangan “Si Gemoy” Prabowo – Gibran menang dalam 1 putaran. Karena mengacu dari undang-undang pemilu Indonesia, pemenang Pilpres ditentukan dari hasil perhitungan suara sebesar 50 % + 1, sementara perolehan suara Prabowo – Gibran sudah mencapai 58 %.

Namun hasil perhitungan cepat ini, bukanlah hasil final dari Pilpres 2024. Sesuai ketentuan, hasil final dan sah dari Pilpres dalam Pemilu 2024 adalah hasil real count atau hasil murni perhitungan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia.

Diperkirkan hasil real count KPU akan diketahui dalam beberapa hari ke depan.

Editor
Komentar
Banner
Banner