Politik

POLITIK SEPEKAN: Jokowi Soal Km 171 hingga Manuver Rifqinizamy

Kaleidoskop politik sepekan menginformasikan rangkaian peristiwa politik yang terjadi di ruang publik.

Featured-Image
Foto udara aktivitas alat berat yang diduga penambang ilegal di Km 171 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Sumber: Dokumen laporan PT Arutmin Indonesia ke Polda Kalsel

bakabar.com, JAKARTA -Kaleidoskop politik sepekan menyajikan sederet rangkaian peristiwa politik. Dimulai dari lembeknya Jokowi mengurus tragedi Km 171 Tanah Bumbu, hingga manuver sederet politikus.

Dimulai dari Anies Baswedan. Eks gubernur DKI Jakarta ini menyambangi para elite Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Lalu ada juga pengunduran diri Muhammad Rifqinizamy Karsayuda dari Senayan. Politikus PDI-Perjuangan itu bertekad menjadi gubernur Kalimantan Selatan alih-alih nyaleg lagi. 

Tak ketinggalan mengenai dipecatnya Budiman Sudjatmiko. Politikus yang sudah bergabung sejak 2004 di PDI-Perjuangan itu dipecat partai setelah nekat mendukung Prabowo Subianto sebagai capres. Berikut selengkapnya: 

1. Anies Habis, PDIP Target Serang Prabowo!

Capres yang diusung oleh PDIP, PPP, dan Hanura, Ganjar Pranowo meresmikan Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan di Menteng, Jakarta, Kamis (1/6). bakabar.com/Andrey
Capres yang diusung oleh PDIP, PPP, dan Hanura, Ganjar Pranowo meresmikan Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan di Menteng, Jakarta, Kamis (1/6). bakabar.com/Andrey

PDI Perjuangan semakin gencar melakukan serangan ke bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto. Hal itu terjadi usai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) deklarasi gabungan dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Saat ini kita melihat episode di mana PDIP menyerang Prabowo dengan segala cara. Di antara faktor itu, bisa jadi untuk merebut suara pendukung Jokowi," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin saat dihubungi bakabar.com, Selasa (22/8).

Padahal, sebelumnya serangan dari partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut kerap diarahkan ke bacapres lain yaitu Anies Baswedan.

2. Soal Salah Input DCS Pileg 2024

PKS Batola
DPD PKS Barito Kuala menjadi parpol pertama yang mendaftarkan bacaleg di KPU Batola. Foto: bakabar.com/Bastian Alkaf

Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera angkat bicara terkait kekeliruan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam merilis daftar calon sementara (DCS) Pileg 2024.

"Kita akan panggil dan dalami, pekan depan rencananya," kata Ali kepada bakabar.com, Jakarta, Selasa (22/8).

Adapun, data KPU menurut Forum Mayarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), dari total 10.323 bacaleg yang didaftarkan oleh 18 parpol peserta Pemilu 2024, hanya 9.925 caleg yang dinyatakan memenuhi syarat (MS). Lalu ditetapkan sebagai calon sementara oleh KPU.

Usai ditelisik, angka tersebut tidak sesuai karena jika dijumlahkan, total angka caleg laki-laki dan perempuan berjumlah 9919 caleg.

3. Anak Jokowi di Kopdarnas PSI

PSI Kopdarnas
Kopdarnas PSI. (Foto: bakabar.com/Aditama)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Tennis Indoor Senayan.

Acara tersebut, diramaikan oleh berbagai tokoh mulai dari Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko, putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid dan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

4. Pengunduran Diri Rifqinizamy

Bang Rifqi Ajak Masyarakat Lanjutkan Perjuangan Bung Karno Bela Palestina
Bang Rifqi Ajak Masyarakat Lanjutkan Perjuangan Bung Karno Bela Palestina

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda resmi mengundurkan diri untuk melanggeng menjadi Calon Gubernur Kalimantan Selatan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Selatan, Berry Nahdian Furqon mengatakan bahwa pengunduran Rifqinizamy bukan sesuatu yang istimewa.

Saat dikonfirmasi bakabar.com, Rifqinizamy menyebut keputusan tersebut merupakan jalan terbaik bagi semua pihak, termasuk dirinya.

5. Budiman Sudjatmiko Dipecat 

Budiman Sudjatmiko
Budiman Sudjatmiko dan Prabowo Subianto. (Foto: bakabar.com/Aditama)

Terjawab sudah nasib Budiman Sudjatmiko di PDIP usai mendeklarasi mendukung bacapres Prabowo Subianto.

Mantan aktivis 98 itu mendapat surat pemecatan yang langsung ditandatangani Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri pada Kamis (24/8) malam.

"Benar sudah saya terima (surat pemecatan PDIP). Tadi pukul 20.00 WIB saya menerimanya," kata Budiman, Jumat (25/8).

Lebih lanjut, Budiman enggan berkomentar terkait surat tersebut dan berterima kasih kepada PDIP yang telah memberikan ruang baginya untuk mewarnai dunia politik.

6. Anies Bakal Unggul Debat Ilustrasi Bacapres

Ilustrasi Bacapres di Pilpres 2024. ANTARA

Ketiga bacapres memberikan respon positif untuk ajang adu debat bacapres yang dilayangkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

Adapun Pengamat politik Universitas Nasional, TB Massa Djafar menilai bacapres dari KPP, Aniea Baswedan berada di atas angin dibandingkan kandidat bacapres lain.

"Kalau melihat dari ketiga capres ini, menurut saya Anies Baswedan lebih unggul," kata Djafar kepada bakabar.com, Jumat (25/8).

Kata dia, hal itu didukung oleh intelektualitas yang Anies miliki serta kelebihan lain seperti keterpihakannya pada rakyat, ide serta gagasan hingga rekam jejak yang dimiliki mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

7. Jokowi Lembek 

Presiden RI Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat blusukan ke Pasar Brahrang, Binjai, Jumat (25/8). Foto: bakabar.com/Budi Warsito.

Sengkarut yang terjadi di jalan nasional KM 171 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan akhirnya mendapatkan tanggapan dari Jokowi.

Benar saja, presiden ketujuh Indonesia tersebut tak ambil sikap tegas dengan menunda untuk mengusut perbaikan jalan yang tak kunjung diproses setelah hampir setahun terbengkalai.

"Kalau tidak tahun ini, ya tahun depan kita selesaikan," kata Jokowi di Pasar Brahrang, Kota Binjai, Jumat (25/8).

Jokowi menerangkan sejumlah ruas jalan di sejumlah wilayah telah diidentifikasi dan ditangani, tetapi belum sempat untuk tragedi KM 171.

"Banyak jalan yang sudah kita mulai (perbaiki) tapi memang belum semuanya. Akan kita kerjakan semuanya. Identifikasinya sudah semua, termasuk jalan tadi sudah masuk," klaim Jokowi.

8. Manuver Politik Anies Baswedan 

Anies dan Tim 8 bakabar.com
Bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan pada Kamis malam mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk membahas perkembangan seputar koalisi di Jakarta, Kamis (24/8/2023) malam. FOTO ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Bacapres KPP, Anies Baswedan melakukan kunjungan berturut-turut ke para petinggi partai koalisi yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat dan PKS.

Pertama, Anies menghampiri NasDem Tower untuk bertemu dengan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh pada Kamis (25/8). Lalu, keesokan harinya, ia menyambangi kediaman SBY di Cikeas.

Terakhir, Anies mengadakan pertemuan dengan Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri pada Sabtu (26/8) pagi.

Anies mengaku pertemuan-pertemuan itu dilakukan untuk memperkaya bekal KPP untuk maju ke Pilpres 2024 ke depan.

Editor


Komentar
Banner
Banner