Borneo Hits

Polda Kalsel Resmi Pindah ke Banjarbaru, Markas Lama Ditempati Polresta Banjarmasin

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar upacara perpindahan Markas Komandan, Jumat (21/6).

Featured-Image
Upacara perpindahan markas komandan oleh Polda Kalsel. Foto : Humas Polda Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Terhitung sejak 21 Juni 2024, Polda Kalimantan Selatan resmi menempati markas anyar di Banjarbaru.

Momen istimewa itu ditandai upacara pemindahan Pataka Tunggal Dharma Visuda dari markas lama di Banjarmasin ke Banjarbaru. Adapun pemindahan langsung dipimpin Kapolda Irjen Pol Winarto.

Pataka Tunggal Dharma Visuda yang menjadi simbol kehormatan dan semangat juang Polda Kalsel, dipindah dengan cara diarak.

"Pemindahan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, seiring perpindahan Ibu Kota Kalsel dari Banjarmasin ke Banjarbaru," papar Winarto.

"Terlebih markas baru memiliki fasilitas yang lebih modern dan lokasi lebih strategis di Banjarbaru," sambungnya.

Proses pemindahan ke Banjarbaru sendiri telah dilakukan bertahap, karena beberapa satuan kerja dan fungsi berpindah terlebih dahulu.

Mapolda Kalsel sendiri berada di Jalan Bina Praja Timur, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, dibangun dengan anggaran sebesar Rp134 miliar sejak 2021.

Dibangun di atas lahan seluas 3.000 hektare, markas baru memiliki auditorium yang bisa menampung sekitar 1.400 orang.

Sementara setelah ditinggalkan, markas lama akan ditempati Polresta Banjarmasin. Sedangkan markas lama Polresta Banjarmasin di Jalan Ahmad Yani, dimanfaatkan Rumah Sakit Bhayangkara.

"Semoga markas baru membuat Polda Kalsel semakin optimal menjalankan tugas dan fungsi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kalimantan Selatan," tutup Winarto.

Editor


Komentar
Banner
Banner