Sport

Piala Menpora 2021: Tuan Rumah Fase Grup Sudah Diputuskan, Status Pemain Bebas

apahabar.com, JAKARTA – Persiapan pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, memasuki tahap akhir. Empat kota telah…

Featured-Image
Sesuai jadwal yang disusun PSSI dan PT LIB, Piala Menpora berlangsung berlangsung 20 Maret sampai dengan 25 April 2021. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Persiapan pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, memasuki tahap akhir. Empat kota telah ditunjuk menjadi tuan rumah fase grup.

Pemilihan empat kota tersebut ditetapkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam pertemuan teknis, Jumat (19/2).

Keempat kota yang menjadi tuan rumah tersebut semuanya berada di Jawa, yakni Bandung, Sleman, Solo dan Malang.

“Disiapkan lima kota, satu kota menjadi semacam tuan rumah cadangan. Ini merupakan hasil keputusan rapat terakhir PSSI dengan PT LIB,” papar Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, seperti dilansir Suara, Sabtu (20/2).

Uniknya klub yang menjadi tuan rumah tidak bermain di kandang sendiri. Contohnya Arema FC tidak bermain di Malang. Begitu juga Persib yang diatur bergabung dengan grup lain.

“Penentuan grup sedang dirancang dengan berbagai pertimbangan. Semuanya akan disampaikan dalam managers meeting,” tambah Sudjarno.

Sebelumnya sempat beredar foto lembaran kertas yang berisi dua skenario pembagian grup Piala Menpora 2021. Dianggap sudah valid, karena terdapat logo PSSI dan PT LIB.

Skenario pertama adalah fase grup masing-masing dilangsungkan di Solo, Bandung, Sleman dan Malang. Skenario kedua dengan tuan rumah Solo, Malang, Bandung dan Palembang.

Dalam skenario pertama, dua klub dari Kalimantan ditempatkan di grup terpisah. Barito Putera di Grup D di Malang, sedangkan Borneo FC di Grup B yang bertanding di Bandung.

Kemudian dalam skenario kedua, Barito Putera tetap berada di Grup D, tetapi bermain di Palembang. Sementara Borneo FC tetap bertanding di Bandung bersama Grup C.

Terkait regulasi pemain, PSSI dan PT LIB memperbolehkan setiap klub menyertakan pemain lokal maupun asing yang belum dikontrak. Aturan itu sejalan dengan maksud Piala Menpora sebagai pramusim.

“Namun pemain harus tetap menerima hak selama memperkuat klub bersangkutan. Pun seorang pemain tidak bisa tampil untuk dua klub berbeda,” jelas Sudjarno.

Adapun Piala Menpora 2021 berlangsung 20 Maret sampai dengan 25 April. Sebanyak 18 klub Liga 1 meramaikan turnamen pramusim ini.

Seharusnya berjumlah 20 klub, termasuk Sriwijaya FC dan PSMS Medan dari Liga 2. Namun belakangan PSSI dan PT LIB sedang menggodok rencana turnamen pramusim khusus peserta Liga 2.



Komentar
Banner
Banner