Pemkab Tanah Laut

Petani Jagung di Tala Rasakan Manfaat Program Gapura Karomah Berupa Pinjaman Tanpa Bunga

Dua petani asal Desa Gunung Makmur, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala) mendapat manfaat dari pinjaman kredit tanpa bunga.

Featured-Image
Petani jagung di Tala rasakan manfaat program Gapura Karomah berupa pinjaman tanpa bunga. Foto-Ilustrasi

bakabar.com, PELAIHARI -  Dua petani asal Desa Gunung Makmur, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala) mendapat manfaat dari pinjaman kredit tanpa bunga.

Kedua petani asal Tala itu yakni Agung Ade Purwanto dari Kelompok Tani (Poktan) Muda Millenial dan Rindang Siswanto dari Poktan Tunas Tani.

“Kami petani kecil sangat terbantu adanya Program Gapura Karomah ini. Kesempatan dalam meningkatkan produktivitas jagung kami sangat terbuka lebar,” kata Ade, Selasa(17/1).

Kedua petani jagung ini mendapatkan modal pinjaman masing-masing sebesar Rp5 juta. Mereka juga berharap program ini dapat terus berjalan karena dinilai menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan perekonomian para petani.

Program milik Pemkab Tala, berupa Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente bagi Ekonomi Lemah (Gapura Karomah).

“Semoga batasan nominal pinjaman ini dapat meningkat, sehingga kami bisa terus memperbesar rencana kami,” katanya.

Ditanya soal perbedaan dampak yang dirasakan sebelum dan sesudah memanfaatkan program Gapura Karomah ini, dia bersepakat adanya modal pinjaman ini sangat mempengaruhi hasil pertanian.

“Produktivitas hasil panen pasti dapat dikejar dengan adanya modal pinjaman ini, sebab dahulu sebelum adanya program ini kendala para petani tidak jauh dari perputaran modal dan kendala hasil,” ujar Rindang menjelaskan.

Saat ditemui di lokasi lahan pertanian milik Ade, kedua petani yang melakukan budidaya jagung manis tersebut mengaku sangat merasakan dampak nyata adanya program yang bekerjasama dengan PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tala ini.

Bahkan, keduanya sudah menyiapkan rencana besar terhadap lahan pertanian mereka. “Kami dapat menanam jagung dengan lahan yang jauh lebih luas serta berencana akan panen jagung pada akhir tahun nanti. Semua ini berkat modal pinjaman dari Gapura Karomah ini,” tutur Rindang.

Ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Tala bersama jajaran Pemkab Tala pun tidak lupa dilontarkan, karena keduanya benar-benar merasakan manfaat yang signifikan dengan adanya program ini.

Diketahui, Gapura Karomah sendiri menjadi salah satu dari tujuh program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tala yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama periode kepemimpinan 2018-2023.

Baca Juga: Vaksinasi PMK di Tala Tahun Lalu Capai 17.915 Dosis

Editor


Komentar
Banner
Banner