Religi

Peserta MTQ Nasional 2022 Kafilah Sulbar Ziarah ke Sekumpul: Pesan Guru Saya

Syamsuddin, peserta MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalimantan Selatan dari Kafilah Provinsi Sulawesi Barat ini berziarah ke Sekumpul, Martapura.

Featured-Image
Peserta MTQ Nasional 2022 Kafilah Sulbar, Syamsuddin, berziarah ke Sekumpul usai mengikuti lomba Cabang Khattil Qur`an, Minggu (16/10). Foto-apahabar.com/hendralianor

bakabar.com, MARTAPURA - Syamsuddin, peserta MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalimantan Selatan dari Kafilah Provinsi Sulawesi Barat ini berziarah ke Sekumpul, Martapura.

Ia adalah peserta lomba Cabang Khattil Qur`an golongan Khat Naskah yang digelar di Aula Ponpes Tahfizhul Qur`an Darussalam Martapura.

Makam Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul itu masih belum dibuka untuk umum. Kendati masih ditutup, tak menyurutkan niatnya untuk tetap datang ke Sekumpul.

Kepada bakabar.com, Syamsuddin mengaku baru pertama kali datang ke Sekumpul Martapura. Dia sebelumnya sudah memiliki hajat bahwa setelah mengikuti lomba akan berziarah.

"Sebelum ke Kalimantan Selatan ini guru saya berpesan agar meluangkan waktu berziarah ke sahibul wilayah, makam Abah Guru Sekumpul. Ke sini berziarah sekaligus berdoa," ujar pria asal Polewali Mandar, Sulbar ini.

Ia mengaku banyak tahu tentang Abah Guru Sekumpul melalui gurunya. "Guru saya sempat mengikuti pengajian Abah Guru sewaktu beliau masih hidup," ungkapnya.

Di Sekumpul, Syamsuddin hanya bisa melihat dinding pagar tinggi Kubah Abah Guru Sekumpul melalui Gang Taufiq. Tepat di belakang kubah tersebut ada halaman rumah warga yang dipersilakan oleh pemilik rumah bagi peziarah untuk membaca Yasin dan sebagainya.

Selain Syamsuddin, juga banyak peziarah lainnya baik itu dari Kafilah MTQ Nasional maupun warga lokal Kalimantan.

Editor


Komentar
Banner
Banner