Nasional

Pertama di HST, Digelar Lomba Teater Modern Tingkat SMP

Untuk kali pertama di Hulu Sungai Tengah (HST), digelar lomba teater modern tingkat SMP.

Featured-Image
Penampilan salah satu sekolah pada Lomba Teater Modern Tingkat SMP se-HST di Pendopo Bupati. Jumat (3/11/23). Foto: apahabar.com/Luthfia.

bakabar.com, BARABAI - Untuk kali pertama di Hulu Sungai Tengah (HST), digelar lomba teater modern tingkat SMP.

Diinisiasi Dinas Pendidikan HST, kegiatan tersebut dimulai, Jumat (3/11), dan bertempat di Pendopo Bupati.

Tercatat 13 sekolah yang mengirimkan perwakilan dari total 33 SMP di HST. Jumlah ini cukup menggembirakan untuk lomba yang pertama kali digelar.

"Awalnya jumlah peserta di bawah 10. Namun setelah diberi penguatan dan perpanjangan waktu pendaftaran, 13 sekolah akan berpartisipasi," ungkap H Muhammad Anhar, Kepala Dinas Pendidikan HST.

Berkaca dari pementasan hari pertama, sudah diperoleh sejumlah evaluasi. Di antaranya kapasitas panggung yang belum bisa maksimal digunakan sebagai tempat pertunjukan.

"Kedepan bisa saja pementasan dilakukan secara outdoor seperti acara pemilihan nanang galuh. Namun mimpi kami sebenarnya adalah punya panggung teater sendiri," harap Anhar.

"Semoga tersedia alokasi anggaran yang bisa digunakan untuk membuat panggung teater sendiri, sehingga bisa dimanfaatkan setiap hari atau bulan," sambungnya.

Sebenarnya cukup banyak cabang seni yang bisa diperlombakan. Namun terdapat alasan kuat yang membuat Dinas Pendidikan HST menggelar lomba teater modern.

"Teater sendiri mengajarkan banyak hal. Mulai dari berkolaborasi, bersinergi, belajar berbagi tugas dan segala macam. Ini sejalan dengan karakter profil Pelajar Pancasila," pungkas Anhar.

Editor


Komentar
Banner
Banner