Dishut Kalsel

Personel Dalkarhutla BPTH Sigap Atasi Kebakaran Lahan

apahabar.com, BANJARBARU – Personel Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) berhasil…

Featured-Image
Tim Dalkarhut BPTH dipimpin Manajer MH2T, Abdul Majid dan Manajer Persemaian Permanen, Paidil, bersama Ketua Regu Dalkarhutla, Dwi Setiawan berhasil memadamkan kebakaran lahan, Selasa (03/09). Foto-Humas Dishut Provinsi Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU – Personel Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) berhasil memadamkan karhutla dengan sigap.

Diketahui, karhutla terjadi di sebelah utara ring luar Blok 1 tanaman sengon MH2T, tepatnya di seberang Warung Edo, Selasa (03/09).

Pemadaman dipimpin langsung oleh Manajer MH2T, Abdul Majid dan Manajer Persemaian Permanen, Paidil, bersama Ketua Regu Dalkarhutla, Dwi Setiawan.

Khairul, anggota patroli tim karhutla menceritakan saat patroli dirinya melihat gumpalan asap di kejauhan. Kemudian, Khairul dan rekannya, Gunawan, melaporkan adanya titik api di sekitar MH2T itu sekira pukul 09.15.

"Saya dan Gunawan berkendara untuk cek lokasi. Ternyata benar itu titik api. Karena khawatir meluas, kami segera hubungi ketua regu dan teman-teman Dalkarhutla," sebutnya.

Setelah menerima laporan, Abdul Majid dan Paidil yang juga sebagai koordinator lapangan Dalkarhutla BPTH segera menggerakkan timnya menuju lokasi kebakaran.

Penyemprotan titik api oleh tim patroli karhutla dilakukan secara manual dengan menggunakan mobil bak terbuka yang membawa tandon air dan mesin semprot.

Sekira pukul 09.40, kebakaran lahan dapat diatasi. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran lahan ini. Ada dugaan kondisi cuaca yang panas turut memicu karhutla tersebut.

Baca Juga: Tiga KPH Jalani Ujian Turun Sabuk Kyu

Baca Juga: Gerakan Eco Office, Dishut Bersihkan Sampah di Perkantoran Pemprov Kalsel

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner