Kalsel

Perpusling Dispersip Kalsel, Kunjungi Sekolah Hingga Lapas Anak

apahabar.com, MARTAPURA – Masih dalam suasana peringatan Hari Anak Nasional, layanan mobil perpustakaan keliling (perpusling) oleh…

Featured-Image
Kunjungan Tim Perpusling Dispersip Kalsel ke SDN Indrasari 2 dan LPKA Kelas 1 Martapura. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, MARTAPURA – Masih dalam suasana peringatan Hari Anak Nasional, layanan mobil perpustakaan keliling (perpusling) oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalimantan Selatan kali ini menyambangi kota Intan Martapura.

Dua tempat yang menjadi tujuan yaitu SDN Indrasari 2 dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura.

“Tujuannya tentu untuk menumbuhkan minat baca sejak dini,” ucap Staf Pelayanan Perpustakaan, Husnul Khatimah, Selasa (24/7) Siang.

Pantauanbakabar.com, mesti tanpa koordinasi terlebih dahulu, kedatangan tim perpusling disambut baik oleh kedua belah pihak.

“Alhamdulillah, hari ini kedatangan 4 buah mobil perpusling. Kami berterima kasih semoga ini berkelanjutan, anak-anak juga senang,” kata Kepala SDN Indrasari 2, Aminah.

Aminah berharap ke depannya akan ada inovasi baru dalam dunia literasi, dengan harapan meningkatkan minat membaca anak-anak.

“Harapannya ada literasi digital yang bisa diakses, misal membaca buku lewat android. Itu bisa mengalihkan perhatian, karena tidak semua anak senang membaca buku,” ucap Aminah.

Begitu pun dengan LPKA Kelas 1 Martapura. Ini menjadi kunjungan kesekian kalinya, tim perpusling ke tempat mereka.

“Kami selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih terhadap perpustakaan keliling yang peduli pada anak didik pemasyarakatan kita di sini. Mereka memerlukan pengetahuan melalui buku-buku,” papar Kasubag Umum LPKA Kelas 1 Martapura, Hutan Tribowo.

Berbeda dari lokasi lainnya yang hanya mendapat kunjungan biasa, anak-anak di LPKA Kelas 1 Martapura dapat meminjam buku dan akan dikembalikan pada kunjungan berikutnya.

“Khusus lapas 2 minggu sekali didatangi dan boleh meminjam buku, maksimal 2 buku per orang,” jelas Husnul.

Meski telah memiliki perpustakaan pribadi, namun kedatangan perpusling membuat anak-anak lebih terhibur. Sekitar 75 anak-anak lapas menghambur ketika tim perpusling mengunjungi mereka.

Agenda mobil perpustakaan ini diadakan setiap harinya dengan menyasar lokasi-lokasi yang tidak terjangkau perpustakaan di tiap Kabupaten/Kota se Kalsel.

“Untuk layanan perpustakaan keliling saat ini telah tersedia 5 buah bis, 3 buah mobil dan 4 buah motor trail untuk menjangkau wilayah terpencil,” sebut Husnul.

Baca Juga: Mensos: Selama 2019, PKH Memberikan Hasil yang Sangat Baik

Baca Juga: Polisi: Kasus Pelecehan Anak di Banjarmasin Berpotensi Meningkat

Baca Juga: Bupati Banjar Ingatkan Instansi Terkait Waspada Karhutla

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner