Kalsel

Peringkat 4 Tercepat, KPU Batola Jemput Bola Genjot Sirekap

apahabar.com, MARABAHAN – Sudah mencatatkan hasil 69,25 persen, KPU Barito Kuala menempati peringkat 4 dalam proses…

Featured-Image
Proses penghitungan suara di tingkat kecamatan yang dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Alalak. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Sudah mencatatkan hasil 69,25 persen, KPU Barito Kuala menempati peringkat 4 dalam proses rekapitulasi suara Pilgub Kalimantan Selatan 2020 melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Hingga pukul 16.00 Wita, Sabtu (12/12), KPU Batola berhasil merangkum suara dari 473 TPS atau 69 persen dari total TPS yang tersebar di 17 kecamatan.

Dari 17 kecamatan itu, Jejangkit menyumbangkan hasil terbanyak hingga 94,12 persen, Marabahan 86,27 persen, Bakumpai 84,85 persen dan Anjir Pasar 80,49 persen.

Hasil ini sekaligus menempatkan Batola di peringkat keempat dalam pemanfaatan Sirekap untuk data Pilgub Kalsel 2020.

Posisi teratas diduduki Hulu Sungai Selatan dengan 92,73 persen, Tapin 85,29 persen dan Hulu Sungai Utara 77,91 persen.

“Kami sebenarnya berharap sudah membukukan 80 persen sampai sekarang. Namun terjadi sedikit kendala jaringan, ditambah tugas lain dari KPPS seperti pengadministrasian dan sebagainya,” papar Muhammad Ali, Komisioner KPU Batola.

“Makanya demi azas keterbukaan publik, kami terus mengejar target dengan melakukan jemput bola ke sejumlah kecamatan untuk melakukan pendampingan kepada operator PPK,” imbuhnya.

Sembari melakukan penghitungan manual di kecamatan, operator PPK juga mengambil foto formulir Model C.Hasil-KWK dari KPPS dan diinput ke Sirekap.

“Dari 50 TPS yang sempat terkendala di Alalak, tersisa sekitar 20 TPS yang masih diupayakan memasukkan data. Sekarang pun kami masih berupaya agar sisa 27 TPS di Tamban bisa masuk,” jelas Ali.

Sirekap sendiri merupakan data awal, bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatan dalam rapat pleno terbuka.

Sesuai dengan jadwal, rapat pleno terbuka kecamatan di Batola dilakukan, Sabtu (13/12). Dilanjutkan rekapitulasi suara di kabupaten sejak 13 hingga 17 Desember 2020.

“Direncanakan rapat pleno tingkat kabupaten di Batola digelar, Selasa (15/12),” timpal Heldawati, Komisioner KPU Batola yang membidangi perencanaan, data dan informasi.



Komentar
Banner
Banner