Kalsel

Peringati HUT KORPRI, Dispora Kalsel Gelar Festival Balogo dan Bagasing

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan menggelar festival Balogo dan Bagasing di…

Featured-Image
Festival Balogo dan Bagasing di halaman Kantor Setdaprov Kalsel. Foto-Musnita Sari

bakabar.com, BANJARBARU – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan menggelar festival Balogo dan Bagasing di halaman kantor Setdaprov Kalsel, Selasa (1/12) pagi. Festival ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-49.

“Ini adalah wujud nyata olahraga tradisional pun sudah sangat berkembang, ” ucap Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah.

Festival ini diikuti oleh masing-masing perwakilan SKPD di lingkup Pemprov Kalsel, selain itu juga melibatkan masyarakat umum sebagai peserta. Pemenang perlombaan akan memperebutkan hadiah piagam dan trofi, serta uang tunai total hingga Rp juta.

“Kita akan terus bangkitkan agar mereka meraih prestasi pada kegiatan seperti Pornas dan sebagainya, ” ucap dia.

Perlombaan Balogo dimainkan oleh regu yang terdiri dari 3-5 orang. Sementara, Bagasing terbagi menjadi dua kategori yaitu tim dan perseorangan. Pada permainan Bagasing, penilaian dihitung berdasarkan lama Logo berputar dan saling serang.“Masing-masing ada skornya. Untuk yang sekarang kita pakai agak modern tapi tidak meninggalkan tradisionalnya, ” terang koordinator festival, Abdul Hamid menambahkan.

img

img



Komentar
Banner
Banner