Religi

Peringatan Maulid, Rektor Universitas Borneo Lestari Ajak Civitas Akademika Meneladani Akhlak Rasulullah

Peringatan maulid ini pertama kalinya digelar sejak berubah nama dari sekolah tinggi menjadi universitas.

Featured-Image
Universitas Borneo Lestari (UNBL) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10), bertepatan 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah. Foto: UNBL

bakabar.com, MARTAPURA - Universitas Borneo Lestari (UNBL) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10), bertepatan 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah.

Dilaksanakan di Aula UNBL di Banjarbaru, peringatan maulid ini pertama kalinya digelar sejak berubah nama dari sekolah tinggi menjadi universitas di pertengahan Juni 2022 lalu.

Adapun kegiatan tersebut bertema 'Memperkuat ukhuwah Islamiah serta meningkatkan suri tauladan Nabi Muhammad SAW dalam rangka pengingat untuk memperbaiki diri dan mengambil hikmah untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari'.

Hadir Ketua Yayasan Borneo Lestari dan jajaran pengurus, Rektor dan Wakil Rektor UNBL, serta dosen dan tenaga kependidikan lain. Tampak ruangan aula dipenuhi jemaah yang hadir dari mahasiswa dan mahasiswi.

Suasana khidmat jemaah Kampus Universitas Borneo Lestari (UNBL) saat menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10). Foto-Dok UNBL
Suasana khidmat jemaah Kampus Universitas Borneo Lestari (UNBL) saat menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10). Foto-Dok UNBL

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan pembacaan Maulid Habsyi dan melantunkan syair salawat dari Grup Habsyi Ar Raudah.

Rektor Universitas Borneo Lestari, Dr HM Muslim SPd MKes, mengatakan dengan dilaksanakannya peringatan hari besar agama Islam ini dia berharap seluruh civitas akademika UNBL dapat meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW dan diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari.

"Akhlak mulia ini menjadi karakter dalam segala aktivitas dalam kampus, sehingga dapat mencetak mahasiswa berakhlak mulia, baiman, bauntung, dan batuah," papar Rektor UNBL dalam sambutannya.

Sementara Ketua Yayasan Borneo Lestari, Drs H Akhmad Yanie MSi Apt, memaparkan bahwa Universitas Borneo Lestari ini tidak serta merta berdiri langsung sebagai universitas, tetapi telah melalui proses panjang sejak 2009, dari akademi kemudian sekolah tinggi dan sekarang sudah jadi universitas.

"Setelah berubah bentuk menjadi universitas, ukhuwah islamiah dan perayaan-perayaan hari besar Islam seperti ini terus diselenggarakan," tuturnya.

Adapun Tuan Guru Misnan atau Guru Anan dalam tausiah menyampaikan tentang banyak keutamaan berselawat kepada Nabi.

Guru Anan mengatakan, orang yang istiqamah mengamalkan selawat dalam dapat menjaga perilaku dan lisan dari hal jelek serta tidak mudah terpancing emosi.

Selain itu, ia juga mengajak agar tidak pelit dalam hal beramal dalam kebaikan. "Karena setiap niat diganjar pahala berkali-kali lipat," katanya.

Guru Anan juga mendoakan UNBL menjadi universitas yang penuh berkah ke depannya dan terus berkembang mencetak generasi-generasi muda yang berakhlakul karimah, baiman, bauntung, batuah.

Editor


Komentar
Banner
Banner