Nasional

Perempatan Guntung Manggis Banjarbaru Bakal Dipasang Trafic Light

Sering terjadi kecelakaan hingga jatuhnya korban jiwa di Jalan Trikora atau perempatan Guntung Manggis, akan dipasang lampu merah.

Featured-Image
Perempatan Guntung Manggis Banjarbaru bakal dipasang lampu merah. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Sering terjadi kecelakaan hingga jatuhnya korban jiwa di Jalan Trikora atau perempatan Guntung Manggis, membuat Dinas Perhubungan Kalsel berencana akan memasang traffic light di sana.

"Pengendara dari arah Guntung Manggis tidak boleh memotong langsung seperti sekarang. Mereka harus belok kiri dulu lalu memutar u-turn agar tidak terjadi kemacetan dan kecelakaan," kata Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kalsel, Rudi Harianto, Sabtu (30/9).

Pihaknya juga berencana akan menempatkan Traffic Light di empat ruas jalan tersebut untuk mengatur arus lalu lintas di sana.

"Pengalihan arus ini diterapkan sambil menunggu lampu merah itu datang dan siap dipakai. Kalau sudah ada lampunya, maka tidak lagi ada pengalihan arus," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan membongkar beberapa meter median jalan di ruas Jalan Trikora yang berhadapan langsung dengan ruas Jalan Guntung Manggis.

Saat ini, kata dia, masih dalam tahap koordinasi dengan PUPR provinsi, karena median jalan di perempatan ini sudutnya tidak simetris dengan ruas Jalan Guntung Manggis.

"Dan ini juga jadi salah satu penyebab kecelakaan," sebutnya.

Rudi menyatakan, semua langkah yang ia jelaskan tersebut hanya sebatas solusi jangka pendek. Sebab, solusi yang memang harus dilakukan adalah menambah jalur.

Editor


Komentar
Banner
Banner