Pemkab Tabalong

Percepat Evakuasi Korban Banjir, BPBD Tabalong Lakukan Pengadaan Perahu Karet

apahabar.com, TANJUNG – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pengadaan…

Featured-Image
Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Tabalong, Muhammad Joko, saat menunjukkan paketan perahu karet untuk banjir di Tabalong. Foto-apahabar.com/M.Al-Amin.

bakabar.com, TANJUNG – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pengadaan perahu karet.

Ada lima perahu karet yang akan dibeli dari dana APBD Tabalong 2022 ini. Pengadaan tersebut untuk mempercepat evakuasi warga jika banjir terjadi.

Rencananya lima perahu karet itu di tempatkan di wilayah Kecamatan Haruai dan wilayah selatan Tabalong.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Tabalong, Muhammad Joko mengatakan, pengadaan perahu karet tersebut untuk mempercepat evakuasi jika warga jika terjadi banjir.

“Jika ada banjir yang memerlukan evakuasi warga, kawan-kawan di kecamatan bisa langsung turun,” jelasnya, baru-baru tadi.

Kata Joko, BPBD Tabalong sendiri akan turun ke lokasi tapi karena lokasi banjir jauh akan terlambat.

“Untuk itulah perahu karet disiapkan di kecamatan yang rawan banjir,” jelasnya.

Joko bilang dengan pengadaan ini maka perahu karet yang dimiliki menjadi 8 buah di kecamatan. Sebelumnya di kecamatan Haruai dan Kelua masing-masing satu buah.

“Perahu karet sendiri diserahkan ke kecamatan, kemudian oleh kecamatan diserahkan ke UPBS untuk melakukan perawatan dan pengoperasionalannya di lapangan,” pungkas Muhammad Joko.



Komentar
Banner
Banner