Politik

Penjaringan Peserta Pilkada 2020, PAN Banjarmasin Gamang

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah partai bersiap, bahkan sudah ada yang membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah…

Featured-Image
Harry Wijaya, Ketua PAN Banjarmasin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah partai bersiap, bahkan sudah ada yang membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Namun tidak demikian dengan Partai Amanat Nasional (PAN) Banjarmasin. Partai ini belum memutuskan langkah apakah membuka penjaringan atau cukup mengusung kader sendiri.

“Kami menunggu instruksi DPW PAN Kalsel. Kalau memang membuka, ya tentu akan kami lakukan. Namun sejauh ini belum ada perintah untuk itu,” kata Harry Wijaya, belum lama ini.

Dia bahkan sudah berkoordinasi kepada DPD PAN Banjarbaru perihal arahan membuka penjaringan bakal calon. Namun ujar Harry, DPW PAN Kalsel belum memberikan arahan tersebut.

“Kami ini menunggu, bukan untuk mempertanyakan ke pimpinan. Kalau nanti ketua DPW bicara memberikan pemberitahuan untuk membuka pendaftaran, maka ayo kita buka, kita siap melaksanakan,” tutur Harry.

Mengenai alasan mengapa belum adanya keputusan membuka penjaringan bakal calon. Harry merasa bukan ranahnya untuk menjelaskan.

Bagi PAN Banjarmasin sendiri, secara kuota sudah memenuhi kursi untuk mengusung calon Wali Kota sendiri tanpa harus berkoalisi. Karena pada pemilihan legislatif lalu telah mengantongi 9 kursi di DPRD Banjarmasin. Atau sudah memenuhi ambang batas sebanyak 20 persen kursi di dewan untuk mengusung calon.

“Sampai sejauh ini kami melihat perkembangan. Tergantung perkembangan politik yang akan datang. Apakah kami DPD PAN Banjarmasin itu tetap maju dengan satu partai kami di PAN atau berkoalisi dengan partai lain, dari kami kalau memang itu dibuka berarti kami welcome,” sebutnya.

Harry mengaku sudah menjalin komunikasi kepada parpol lainnya. Namun sejauh ini dia belum menentukan sikap secara partai karena menunggu keputusan pengurus DPW PAN Kalsel.

“Komuniskasi kepada parpol lain baik. Hanya saja kami menunggu seperti apa arahan pimpinan untuk Pilwali Banjarmasin. Saat ini banyak yang menanyakan kepada kami tentang kemungkinan koalisi dan mendorong kader untuk bisa maju di Pilwali Banjarmasin nanti,” pungkasnya.

Baca Juga: Direstui H Rusli, Andin Sofyanoor Mantap Maju di Pilkada Banjar

Baca Juga: Niat Ananda Menuju Wawali Banjarmasin, Ingin Membantu Banyak Orang

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner