Kalsel

Penginapan Gratis Haul Guru Sekumpul ke 15; ‘Pasar Sekumpul’ Sediakan 50 Toko

apahabar.com, MARTAPURA – Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) kembali menjadikan toko di Pusat Perbelanjaan…

Featured-Image
Sejumlah petugas kebersihan mulai melakukan pembersihan di area “Pasar Sekumpul” sebagai persiapan haul Abah Guru Sekumpul yang ke 15. Foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) kembali menjadikan toko di Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS) sebagai tempat menginap tamu Haul Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul yang ke 15.

Sebanyak 50 toko disiapkan untuk tamu haul Abah Guru Sekumpul tahun ini. Jumlah tersebut meningkat dari yang disiapkan pihak PD PBB di haul tahun kemarin, yang hanya 40 buah.

Kepala PD PBB, Rusdiansyah menyebutkan, banyaknya jemaah yang datang di Haul Abah Guru Sekumpul tahun kemarin, membuatnya berpikir ulang untuk menyiapkan tempat yang lebih banyak di tahun yang akan datang (haul ke 15).

“Untuk fasilitasnya, kita menyediakan sama seperti tahun lalu, yakni tempat untuk beristirahat-menginap, mandi dan tempat buang air dengan menyediakan toilet,” ujar Rusdiansyah kepada bakabar.com, Selasa (10/12) di ruangannya.

Selain menyediakan tempat beristirahat, PD PBB juga menyediakan tempat parkir gratis untuk tamu haul dan menyediakan layar lebar untuk menyaksikan proses jalannya haul.

“Semoga pada haul ini, kita ada mendapat tambahan fasilitas untuk menunjang kenyamanan para jemaah. Kita juga berkoordinasi dengan instansi lain seperti pelayanan kesehatan serta pelayanan informasi dan lainnya agar dapat memudahkan para jemaah haul,” tutur Rusdi.

Pihaknya, kata Rusdiansyah, berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan fasilitas sebaik mungkin agar memberikan kenyamanan untuk para jemaah.

img

Foto-Istimewa

“Oleh karena itu, kami selalu melakukan evaluasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan haul,” ucapnya.

Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul, diakui Rusdiansyah, setiap tahunnya selalu meningkat. Karena itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan pelayanan untuk para jemaah. Dalam satu buah toko, kata dia, bisa diisi 6 orang.

“Namun ini fleksibel saja bagi jemaah, jika mereka merasa masih muat, ya boleh saja ditambah, yang penting mereka merasa nyaman lah dengan ketersediaan penginapan ini,” kata Rusdi.

Terkait dengan keamanan tempat penginapan PPS, PD PBB sudah menyediakan anggota Trantib untuk menjaga serta mengawasi tempat tersebut.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian serta TNI agar ikut bersama-sama melakukan patroli di kawasan yang kami sediakan,” jelasnya.

Untuk toko yang akan dijadikan penginapan gratis tersebut akan siap ditempati pada dua hari (H-2) atau satu hari (H-1) sebelum peringatan Haul Abah Guru Sekumpul.

Untuk para jemaah haul yang ingin sekadar beristirahat atau menginap di PPS, kata Rusdiansyah, caranya akan diinformasikan pihak humasnya melalui media maupun relawan yang ada di posko-posko.

img

Foto-Istimewa

Baca Juga: Haul ke-15 Guru Sekumpul, Dishub Banjarbaru Antisipasi Ledakan Jemaah

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul ke 15 Akan Digelar Layaknya di Makkah

Baca Juga: Jelang Haul Guru Sekumpul ke 15, Polres Banjar Lakukan Kring Serse Untuk Monitoring Tempat…

Baca Juga: Kebersihan di Haul Sekumpul ke-15, DLH Berharap Jemaah Ikut Terlibat

Reporter: AHC15Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner