Kalsel

Pemprov Kalsel Usul Pengangkatan Tenaga Harian Lepas Penyuluh Pertanian

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengusulkan pengangkatan Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh…

Featured-Image
Rapat Kerja Wilayah DPW Perhiptani Kalsel 2020 di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Senin (19/10) sore. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengusulkan pengangkatan Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBPP).

Kepala Dinas Tanangan Pangan dan Holtikultura (TPH) Kalsel, Syamsir Rahman berharap usulan itu segera ditindak.

“Nanti THL yang ada ini akan diperhatikan. Saya minta secepatnya waktu Menteri datang ke Kalsel belum lama ini. Paling tidak tahun depan ada pengangkatan,” ucap Syamsir Rahman di sela Rapat Kerja Wilayah DPW Perhiptani Kalsel 2020 di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Senin (19/10) sore.

Pengangkatan ini menyusul bakal dibukanya formasi CPNS untuk penyuluh pertanian pada 2021 mendatang.

Dibeberkannya, penyuluh pertanian di Kalsel saat ini membawahi sekitar 4-5 TKPP (tenaga kerja penyuluh pertanian) wilayah kerja.

Sementara itu, banyak para penyuluh tani yang sudah berusia lanjut dan tidak paham teknologi.

Diharapkan dengan adanya tenaga harian lepas TBPP itu dapat membantu petani Kalsel.

“Penyuluh itu ujung tombak, pendamping para petani. Untuk itu, kita tetap menyurati lewat Perhiptani,” ujar Syamsir.

img

Kadis TPH Kalsel, Syamsir Rahman (tengah) didampingi Ketua DPW Perhiptani Kalsel, Sumedi dan Kadisbunnak Kalsel, Suparmi. Foto-bakabar.com/Musnita Sari

Sesuai instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, penyuluh pertanian dituntut mampu menjalankan program Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani).

“Sementara, penyuluh-penyuluh kita yang ada sudah tua dan gaptek (gagap teknologi). Padahal dibutuhkan mekanisme digital, ini yang harus kita perbaiki semua,” bebernya.

Sebagai informasi, rapat kerja dibuka oleh Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Syaiful Ashari.

Lalu dihadiri pula Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Suparno.

Komentar
Banner
Banner