Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Akan Fungsikan RSJ Tamban Sebagai Panti Rehabilitasi

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berencana menggunakan eks rumah sakit jiwa Tamban sebagai Panti…

Featured-Image
Dinsos, PUPR, Bakeuda dan rombongan melakukan peninjauan eks gedung RSJ Tamban yang akan difungsikan sebagai Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (PRSPDM). Foto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berencana menggunakan eks rumah sakit jiwa Tamban sebagai Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (PRSPDM).

Peningkatan sarana dan prasarana gedung akan dianggarkan pada 2021 mendatang.

“Kami harapkan ini beralih fungsi untuk menampung, membina dan merehab orang dengan gangguan jiwa yang dinyatakan sembuh secara medis oleh rumah sakit Sambang Lihum,” ucap Kepala Dinas Sosial Kalsel, Hj Siti Nuriyani kepada bakabar.com.

Dari hasil peninjauan bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), pondasi bangunan masih dalam kondisi yang layak, sehingga hanya perlu sedikit perbaikan dan penataan ulang.

“Tiang pondasinya masih bagus, hanya bagian dinding dan atap perlu perbaikan. Mungkin bangunan utamanya dulu, sisanya menyusul,” bebernya.

Terkait rehabilitasi gedung, Dinsos akan berkonsultasi kepada kementerian sosial terlebih dahulu untuk mengakomodir kebutuhan sesuai dengan standar khusus yang ditentukan.

Bangunan ini sendiri sudah memiliki aula, kantor sekretariat hingga rumah dinas.

“Harapan kami bisa segera terwujud, paling tidak 2022 sudah bisa difungsikan,” imbuhnya

Panti ini juga akan memberikan pelatihan keterampilan serta pendampingan agar para penyandang disabilitas mental siap untuk bersosialisasi di tengah masyarakat. Hal ini bertujuan agar mereka dapat hidup lebih mandiri saat menyelesaikan masa pembinaan.

“Kita bina baik secara mental, keagamaan sampai ekonominya. Seperti pelatihan berkebun atau bertani. Selain itu, dari sisi agama agar mereka lebih tenang sampai normal kembali,” pungkas Nuriyani.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner