Hot Borneo

Pemprov Hibahkan Rp5,5 Miliar ke Polda Kalsel

apahabar.com, BANJARBARU – Untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang Mako Polda Kalsel di Banjarbaru, Pemerintah Provinsi…

Featured-Image
Sekdaprov, Roy Rizali Anwar di Polda Kalsel. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARBARU – Untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang Mako Polda Kalsel di Banjarbaru, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menghibahkan dana sebesar Rp5,5 milar.

Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, mengatakan pemberian dana merupakan wujud nyata dukungan gubernur serta seluruh bupati/wali kota se-Banua untuk kemajuan Polda Kalsel.

Anggaran hibah ini, kata dia, berdasarkan proposal yang diajukan Polda Kalsel ke gubernur dan bupati/wali kota se-Kalimantan Selatan dalam rangka rekrutmen bintara Polri dan pembangunan sarana prasarana.

Setelah ada proposal tersebut, kemudian dilakukan perjanjian kerja sama atau antara Kapolda Kalsel dengan gubernur dan bupati/wali kota yang menjadi dasar hibah ini dilaksanakan semlama tiga tahun.

“Kemudian Pemprov Kalsel juga sudah melakukan komunikasi dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yang membolehkan hal itu," tuturnya.

Yang perlu diubah, menurutnya, hanya naskah perjanjian hibah saban tahunnya.

"Tahun 2021 buat naskah perjanjian hibah, dasarnya proposal, tahun 2022 seperti itu juga dan 2023 juga seperti itu, naskah perjanjian hibahnya yang diperbaharui setiap tahun," ujarnya.

Roy meminta kepada pemerintah kabupaten/kota agar tidak ragu untuk menganggarkan dana hibah karena wilayah Polda Kalsel meliputi kabupaten/kota.

Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, mengatakan untuk mendukung meningkatkan kinerja operasional dalam mewujudkan situasi kondusif, maka diperlukan sarana prasarana yang memadai sehingga tugas Polri bisa dilakukan secara maskimal.

Kesuksesan Polri dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat.

“Dukungan tersebut merupakan aset utama bagi Polri untuk memberikan kinerja yang baik,” katanya.

Pemberian dana hibah sudah berlangsung tiga tahun sejak 2021. Pada tahun 2021 telah dialokasikan dana sebesar Rp39 miliar untuk mendukung rekrutmen Bintara Polri.

“Dengan dana hibah tersebut Polda Kalsel dapat menambah kouta sebanyak 636 orang,” bebernya.

Lalu, tahun 2022 ini alokasi dana hibah digunakan untuk pembangunan sarana prasarana penunjang Mako Polda Kalsel di Banjarbaru.

Sedangkan danah hibah tahun 2023 nantinya direncanakan untuk meningkatkan sarana prasarana Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Kalsel.

Diakuinya, kondisi SPN saat ini kurang memadai, dimana banyak bangunan yang telah rusak berat mengingat umur bangunan sudah cukup tua.



Komentar
Banner
Banner