Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Jadi Pilot Project Simda-Sakip

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) menunjuk Pemerintah Kabupaten…

Featured-Image
Launching Simda-Sakip yang dilaksanakan di Kantor Kementerian PAN RB, Jakarta, Senin (25/2/2019). Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) menunjuk Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sebagai salah satu daerah yang menjadi pilot project penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip).

Hal itu dilakukan Kementerian PAN RB dalam acara Launching Simda – Sakip yang dilaksanakan di Kantor Kementerian PAN RB, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Baca Juga:KPU Tanbu Masih Tunggu Surat Suara

Menanggapi hal tersebut, Sekda Tanbu, Rooswandi Saleem, mengharapkan penunjukan itu dapat meningkatkan kualitas birokrasi Pemkab Tanbu. Ia juga berharap dukungan seluruh SKPD dalam upaya peningkatan kualitas birokrasi dan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Simda – Sakip adalah sebuah sistem hasil kerjasama antara Kementerian PAN RB dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI.

Simda-Sakip merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk memfasilitasi pemerintah dalam proses perencanaan, pengukuran, dan pelaporan kinerja yang terintegrasi dan akuntabel.

Baca Juga:Sudian Noor Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Bersih

Menurut Rooswandi, manfaat Simda-Sakip di antaranya menjaga keselarasan antar dokumen kinerja dengan proses perencanaan dan pengelolaan keuangan.

Selain itu, juga sebagai sarana untuk menerjemahkan logika cascading, alur dokumen dan konsistensi data.

Tak hanya itu, lanjut Sekda,sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai media pertanggungjawaban dan pengukuran kinerja bagi OPD, monitoring dan evaluasi, serta sebagai media transparansi publik.

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner