Pemkab Tabalong

Pemkab Tabalong Alokasikan Dana Miliaran Budidayakan Ikan

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong, terus melakukan budidaya perikanan lokal.

Featured-Image
Seorang petambak saat panen ikan. Foto-gramedia.

bakabar.com, TANJUNG - Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong, terus melakukan budidaya perikanan lokal.

Di tahun 2024 dana miliaran rupiah dianggarkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang perikanan.

"Alokasi dana Rp2,8 miliar dari APBD 2024 disiapkan untuk bantuan budidaya perikanan lokal," kata Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap DKP2TPH Tabalong Dedy Rahnoni,Rabu (21/2).

Dijelaskan Dedy, bantuan tersebut juga mencakup ikan di keramba, kolam terpal dan pembuatan kolam tanah.

Adapun bantuan yang akan disalurkan berupa budidaya mulai dari bibit, pakan hingga pembuatan kolam keramba, kolam terpal dan kolam tanah.

"Untuk bantuan benih dan pakan bagi pembudidaya perikanan di wilayah Kecamatan Jaro, Banua lawas, Muara Harus, Tanta dan Kecamatan Haruai," beber Dedy.

"Bantuan bibit ikan nila dan patin sebanyak  68 ribu dan pakan sebanyak 21 ribu ton," imbuhnya.

Sementara itu, bantuan ikan di keramba sebanyak 50 unit, pakan (15,5 ton) serta bibit ikan nila (50 ribu ekor).

"Ini diperuntukkan bagi kelompok perikanan di Kecamatan Haruai, Kecamatan Tanta, Kecamatan Haruai dan Kecamatan Kelua," sebut Dedy.

"Bagi pembudidaya ikan kolam terpal bantuan sebanyak 30 unit untuk pengembangan ikan patin dan papuyu di Desa Kampung Baru Kecamatan Muara Uya," ucap Dedy.

Bantuan juga akan disalurkan untuk pembuatan kolam tanah di  Kecamatan Banua Lawas, Kelua dan Muara Uya, jumlahnya 80 unit.

"Dengan bantuan tersebut kita berharap budidaya perikanan dapat mencapai target produksi perikanan sebanyak 18.023 ton pada 2024 dengan memproduksi bibit ikan patin, nila dan papuyu mencapai 671.000  ekor," tutup Dedy.

Editor
Komentar
Banner
Banner