Kalsel

Pemkab HST Persiapkan Studi Kelayakan Pembangunan Bandara

apahabar.com, BARABAI – Wacana pembangunan bandara udara atau bandara di Hulu Sungai Tengah (HST) ditanggapi pemerintah…

Featured-Image
Bupati HST, HA Chairansyah menyerahkan plakat kepada anggota Komisi V, HM Rifqinizamy Karsayuda. Foto-Ramadhan for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Wacana pembangunan bandara udara atau bandara di Hulu Sungai Tengah (HST) ditanggapi pemerintah setempat.

Bupati HST, HA Chairansyah pun telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mempersiapkan pembuatan studi kelayakan pembangunan bandara di HST.

Hal itu berdasarkan respon terhadap gagasan anggota Komisi V DPR RI, HM Rifqinizamy Karsayuda disela acara Reses Masa Sidang I Anggota Komisi V DPR RI di Auditorium Kantor Bupati HST, Jumat (27/12).

“Saya perintahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) beserta jajaran OPD terkait untuk dapatmembuat studi kelayakan pembangunan bandara,” ujar Chairansyah

Sekretaris Daerah H M Tamzil, menyatakan bahwa pihaknya siap untuk membuat studi kelayakan pembangunan bandara udara.

“Sebagai tindak lanjut, kami akan menggelar rapat koordinasi dengan Bappelitbangda, Dinas LH dan Perhubungan serta instansi terkait lainnya. Akan dibentuk tim khusus untuk mengkaji secara serius pembangunan bandara di HST” katanya.

Kepala Bappelitbangda, HA Syahriani Effendi menyatakan siap untuk mem-backup pembuatan perencanaan pembangunan bandara di HST secara makro.

Senada dengan Tamzil, Kepala Dinas LH dan Perhubungan, M Yani menyatakan kesiapan pihaknya untuk pembuatan studi kelayakan pembangunan bandara.

“Tentunya akan berkoordinasi intensif dengan Bappelitbangda, karena kami belum menganggarkan pembuatan studi kelayakan, setidaknya dapatdiakomodir melalui anggaran perubahan tahun 2020,” kata Yani.

Kesempatan reses pertama ke HST ini dimanfaatkan oleh politisi muda PDIP Perjuangan ini untuk kembali menggaungkan urgensi pembangunan bandara di HST.

Rifqi berkomitmen untuk memperjuangkan anggaran pembangunan bandara ke pemerintah pusat.

Menurut Rifqi bonus demografi puluhan juta ke depan, sebagai dampak dipindahkannya ibu kota baru ke Kabupaten Penajam Paser Utara yg berbatasan dengan kawasan Hulu Sungai. Ini merupakan peluang emas yang harus diambil jangan sampai direbut dan dinikmati daerah lain.

“Kita harus berpikir beberapa langkah ke depan dan berani bermimpi. Posisi strategis HST di tengah Banua Enam harus dimanfaatkan sebagai. Orang Rantau, Kandangan dan Amuntai akan lebih memilih ke HST apabila sudah ada bandara udara”

” HST memerlukan pembangunan konektivitas selain jalan, juga bandara udara sebagai daerah penyangga Ibukota Negara Baru ” ujar Rifqi.

Rifki juga mendorong Pemkab HST agar berani menargetkan pembangunan bandara akan dapat terealisasi pada tahun 2024.

“Tentunya dengan sebagai langkah nyata harus dibuat studi kelayakan, yang pembiayaannya dapat diakomodir melalui perubahan anggaran tahun 2020” imbuhnya.

Kegiatan Reses Masa Sidang I Anggota Komisi V DPR RI Bidang infrastruktur, perhubungan, desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi selain dihadiri Bupati dan Wakil Bupati HST, Sekretaris Daerah, Aisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas terkait dan Camat.

Juga hadir Kepala Balai prasarana pemukiman wilayah Provinsi Kalsel, Kepala Satker PPW, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin, Kepala Balai Wilayah Sungai, Kepala Balai Perhubungan Darat serta dari Dishub Provinsi Kalsel.

Baca Juga: 2020, Lingkar Walangsi dan Bendungan Batang Alai Dieksekusi

Baca Juga: Sambut 2020, PDAM Intan Banjar Terus Berbenah

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner