Tak Berkategori

Pemkab HSS Kedatangan Tim Penilai Sanitasi

apahabar.com, KANDANGAN – Pemkab HSS menyambut kedatangan Tim Penilai Sanitasi Tuntas Waja Sampai Kaputing (Wasaka) Provinsi…

Featured-Image
Tim Satu Wasaka Sanitasi dan air minum tuntas waja sampai kaputing saat foto bersama Bupati HSS Achmad Fikry di ruang kerjanya. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Pemkab HSS menyambut kedatangan Tim Penilai Sanitasi Tuntas Waja Sampai Kaputing (Wasaka) Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu, (29/5) di Aula rakat Mufakat Setda HSS.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS Drs H Muhammad Noor M.AP menyambut baik kegiatan Kick Off PPSP Provinsi Kalsel ini, sebagai tanda dimulainya PPSP di Kabupaten HSS.

Baca Juga: Sekda HSS : Reformasi Birokrasi Dengan Baik

“Dengan harapan kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup mereka,” katanya.

Menurut Muhammad Nor, keberadaan sanitasi sendiri penting dalam rangka mencegah penularan penyakit di lingkungan masyarakat.

"Dengan adanya sanitasi yang baik dan memenuhi persyaratan kesehatan, diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita. Ini merupakan tujuan yang selama ini telah didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten HSS melalui SKPD terkait. Salah satunya dengan diperolehnya penghargaan beberapa sekolah sehat di Kabupaten HSS," kata Muhammad Noor.

Sekretaris Daerah berharap dengan dimulainya PPSP ini akan terjalin sinergi dan koordinasi yang baik dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu, ia juga berharap agar semua saling bersinergi dalam rangka melaksanakan pembangunan untuk menuju Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis, dan agamis demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dunia dan akhirat.

Sekda mengucapkan Alhamdulillah. "Bupati mendukung penuh program ini dan ikut serta dalam menyukseskan program ini. Dibukanya pertemuan ini secara resmi, menandai kepedulian dan perhatian kita semua," tambah Muhammad Noor.

Kepada SKPD yang terlibat, Sekretaris Daerah berharap harus betul-betul mengawal program ini, baik lewat program yang ada di SKPD masing-masing atau program lainnya yang muaranya adalah keberhasilan Provinsi untuk keberhasilan sanitasi di Provinsi Kalsel.

Sementara itu, Rio Franata Ketua tim Satu Wasaka menyampaikan dalam penilaian ini, akan diarahkan hal apa saja yang menjadi permasalahan kabupaten/kota yang berhubungan dengan sanitasi.

Dikatakannya ada tiga sektor yang ditangani yaitu sampah, air limbah, dan drainase. Untuk persampahan, diantaranya akan dilihat bagaimana timbunan sampah perhari, penanganannya dan pengurangan sampah.

Untuk air limbah, diantaranya akan dilihat bagaimana penanganan air limbah di masyarakat. Apa saja yang sudah terbangun di Kabupaten/Kota untuk pengelolaan air limbah sampai pada instalasi pengolahan lumpur tinja.

Sedangkan untuk drainase, akan dilihat drainase lingkungan yaitu bagaimana Pemerintah Kabupaten/Kota mengatur drainase di satu tempat, tapi tidak berimbas ke wilayah lainnya.

Penilaian lainnya yaitu peran serta kelompok kerja terkait, sumber pendanaan, kelembaagaan, regulasi, dan inovasi apa yang sudah dilakukan Kabupaten/Kota terhadap sanitasi.

Baca Juga: Gerakan Tadarus Quran Sebelum Kerja Sukses Digelar di HSS

Reporter: AHC01
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner