Tak Berkategori

Pemkab HSS Gelar Pelatihan Kewirausahaan, Wabup: Semoga Mengurangi Angka Pengangguran 

apahabar.com, KANDANGAN – Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad saat membuka pelatihan kewirausahaan. Foto-Humas HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelarpelatihan kewirausahaan bagi pemula di Gedung 2 balai Diklat pada Kamis (18/4/2019). Rencananya, pelatihan yang diikuti 60 peserta itu akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 18 hingga 20 April 2019.

Saat membuka pelatihan tersebut, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad berharap, dengan pelatihan tersebut dapat membantu Pemerintah mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Kegiatan ini, lanjut Wabup, sejalan dengan visi dan misi Kabupaten HSS “Bangkit bersama Aghnia untuk berwirausaha". Dan hal ini akan terus mendapat pendampingan pihaknya melalui SKPD terkait.

Baca Juga: PKK HSS Gaungkan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi

“Dengan pelatihan ini nantinya para peserta dapat mengetahui cara mengelola usaha dengan baik, sesuai standar, UKM dan jasa yang dirintis dari bawah terbukti lebih tahan dan kuat terhadap krisis keuangan di banding yang lain,” jelasnya.

Menurut dia, terpenting agar para pelaku usaha tidak terjebak dengan rentenir dan pihaknya juga mengupayakan membantu menfasilitasi pemenuhan permodalan dengan pihak lainnya, seperti perbankan dengan catatan bunga pinjaman rendah.

Wabup berharap, kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan manfaat yang optimal bagi para peserta. Khususnya dalam rangka memberikan bekal bagi para pemilih pemula agar nantinya dapat menjadi wirausaha mandiri yang dapat bermanfaat bagi diri, keluarga, maupun masyarakat.

Selain itu, Wabup berpesan kepada para peserta pendidikan dan pelatihan kewirausahaan itu, agar kiranya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik- baiknya sampai selesai.

Baca Juga: Bank Kalsel Gelar 'Government Business Ecosystem' dengan Pemkab Hulu Sungai Selatan

"Manfaatkan kesempatan ini sebagai sarana menggali Informasi dan Keterampilan agar benar-benar bermanfaat dalam rangka meningkatkan keterampilan dan keahlian diri." Katanya.

Sementara , Kepala Disnakerkop UKP HSS Sasmi Rifani melalui Kabid Koperasi Fitri, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan keterampilan manajerial bagi pelaku usaha mikro dan koperasi, menambah gairah berusaha dan meningkatkan daya saing pelaku usaha.

“Pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 April 2019 mendatang, dengan jumlah peserta 60 orang baik dari unsur UKM, penerima manfaat bantuan sosial seperti PKH, binaan P2WKSS, kader Posyandu dan lainnya,” terangnya.

Dijelaskan Sasmi Rifani, pelatihan yang juga dipandu narasumber dari Disnakerkop UKP HSS juga H Asman dari Lembaga Pemberdayaan Koperasi dan UKM (LP2UKM), selain memberikan bekal pengetahuan dan nantinya diakhir pelatihan masing-masing peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan kewirausahaan.

Baca Juga: 22 Warga HSS Latihan Kerja di Bekasi

Turut hadir pada kegiatan ini Lembaga Pemberdayaan Perkoperasian dan Usaha Kecil Menengah Banjarmasin H. Asman, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Koperasi, Usaha Kecil Menengah Eko Sugianto, SE, Perindustrian Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Para peserta Diklat.

Reporter: AHC01
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner