Nasional

Pemilu 2019; Kedai Ini Gratiskan Seporsi Kudapan Untuk Pelanggan Yang Tidak Golput

apahabar.com, SURABAYA – Berbagai cara dilakukan ‘warga peduli’ untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan hak suaranya pada…

Featured-Image
kedai ketan punel. Foto-detik.com

bakabar.com, SURABAYA- Berbagai cara dilakukan 'warga peduli' untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan hak suaranya pada pemilu yang digelar hari ini (17/4/2019).

Kepedulian akan pentingnya menggunakan hak pilih pada pesta demokrasi kali ini, tidaknya dilakukan pemerintah. Beberapa restoran restoran, kedai, hingga supermarket pun berlomba menawarkan berbagai promo menarik yang bisa didapat masyarakat yang telah mencoblos. Syaratnya mudah, hanya menunjukkan bekas tinta tanda mencoblos.

Baca Juga:Ini 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2019

Salah satu tempat jajajan tradisional di Surabaya, Kedai Ketan Punel pun turut memberikan berbagai penawaran menarik. Bagi masyarakat yang sudah mencoblos, kedai yang terletak di depan Taman Bungkul ini memberikan free satu porsi ketan.

Ketan yang diberikan secara gratis ini dilabeli ‘ketan anti golput’. Ketan anti golput bisa dinikmati Rabu sore pasca pencoblosan di Kedai Ketan Punel yang berlokasi di Jalan Raya Darmo, Surabaya.

“Bagi pembeli yang datang ke kedai ketan punel usai mencoblos akan kami berikan gratis 1 porsi ketan anti golput. Syaratnya pembeli mau menunjukan bekas tinta warna biru yang ada di jarinya dan bersedia difoto. Artinya dengan bukti tinta di jarinya, berarti dia sudah mencoblos,” ujar pemilik kedai ketan punel, Wahyu Darmawan seperti dilansir detikcom, Rabu (17/4/2019).

Wahyu mengungkapkan, hal itu dilakukan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat, yang memberikan suaranya di Pemilu 2019.

“Hanya ini yang bisa kami lakukan untuk ikut mensukseskan pilihan presiden. Bentuk apresiasi kami kepada pemilih dengan memberikan satu porsi ketan gratis kepada pembeli. Ini juga sebagai salah satu upaya guna menekan angka golput,” paparnya.

Bapak dua anak ini berharap apa yang dilakukannya mampu mendorong warga Surabaya dan sekitarnya untuk beramai-ramai menyalurkan hak pilihnya.

“Di sisi lain kami ingin menyampaikan bahwa pemilu ini adalah pestanya rakyat. Jadi rakyat harus bergembira dan senang. Tidak ada yang takut atau ditakut-takuti untuk datang ke TPS dan mencoblos,” lanjutnya..

Sementara KPU Jawa Timur pun mengapresiasi apa yang dilakukan kedai ketan punel ini. Menurut Ketua KPU Jatim Choirul Anam hal ini diharapkan mampu menekan angka golput.

“Ini sebagai bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam mensukseskan pemilu serta mendukung Target Partisipasi Pemilih untuk pemilu 2019 sebanyak 77.5%. Semoga angka golput sedikit, utamanya di Jawa Timur. Apa yang dilakukan oleh kedai ketan punel sangat kami apresiasi,” ujar Anam.

Anam berharap semoga semakin banyak pelaku usaha yang berpartisipasi untuk mensukseskan Pemilu.

“Kami sebagai penyelenggara pemilu sangat mendukung apa yang dilakukan oleh kedai ketan punel. Bentuk stimulus yang diberikan bahkan dengan mau dan rela memberikan free dagangannya kepada warga yang sudah mencoblos. Ini benar-benar layak mendapatkan apresiasi,” pungkasnya.

Baca Juga:Untuk Para Pemilih, Jangan Telat ke TPS!

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner