Wisata Magelang

Pemandian Air Panas Ngasinan Magelang, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Mandi dan berendam air panas terkenal sebagai cara efektif menghilangkan penat dan sakit kulit. Ternyata Magelang punya tempat untuk berendam air panas.

Featured-Image
Permandian Air Panas Ngasinan Magelang (Apahabar.com/Arimbihp)

bakabar.com, MAGELANG - Mandi dan berendam air panas terkenal sebagai cara efektif menghilangkan penat dan sakit kulit. Ternyata Magelang punya tempat untuk berendam air panas.

Magelang memiliki banyak wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi saat datang ke Magelang adalah pemandian air panas Ngasinan.

Permandian air panas Ngasinan terletak di kawasan  Kasuran, Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menurut cerita tutur masyarakat setempat, pemandian air panas Ngasinan bahkan sudah ada sejak jaman Belanda.

"Bangunannya baru berubah di era tahun 2000-an. Dari dulu sampai sekarang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit khususnya penyakit kulit," kata seorang warga setempat yang juga turut mengelola wisata air panas Ngasinan, Muzamil (40).

Sesuai namanya, permandian air panas itu dinamai Ngasinan karena rasa airnya asin. Muzamil menyebut, air panas Ngasinan bisa menyembuhkan penyakit kulit karena mengandung sulfur.

"Ada juga masyarakat yang terkena penyakit lain seperti rematik atau semacamnya sembuh setelah mandi di sini," katanya.

Pengunjung yang datang untuk wisata atau pengobatan tak hanya datang dari wilayah Magelang saja, namun banyak yang dari luar kota.

"Ada dari Solo, Pekalongan, Semarang, banyak, bisa sampai penuh kolamnya saat libur atau akhir pekan," kata Muzamil.

Tak perlu khawatir soal biaya, hanya dengan Rp 10.000 saja, pengunjung bisa menikmati mandi air panas di Ngasinan sepuasnya.

Permandian air panas Ngasinan juga buka 24 jam sehingga pengunjung bisa datang kapan saja.

Seorang pengunjung asal Pati, Honggo (30) yang datang bersama anak dan istrinya menuturkan, mandi air panas di Ngasinan membuat badannya lebih rileks dan segar.

"Apalagi habis perjalanan jauh, aman juga untuk anak-anak, ada kolam besar, ada kecil," katanya.

Honggo juga sengaja singgah sejenak di air panas Ngasinan untuk mengobati alergi dan biduran anaknya.

"Kebetulan sedang berkunjung ke rumah saudara, terus anak biduran, diberi tahu suruh bawa ke Ngasinan biar sembuh, ternyata benar, ini sudah berangsur membaik," bebernya.

Ia juga merasa pelayanan di air panas Ngasinan sudah memadai karena ada kamar ganti yang bersih, area parkir luas, hingga penjual makanan di sekitar lokasi.

"Worth it dan murah untuk wisata, kapan-kapan mau ke sini lagi," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner