Nasional

Pelayanan Jemaah Haul Guru Sekumpul di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Dijemput dan Diantar

Antusiasi masyarakat menghadiri Haul 19 KH Muhammad Zaini bin H Abdul Ghani atau Guru Sekumpul tidak hanya terjadi di Pulau Kalimantan.

Featured-Image
Antusiasi masyarakat menghadiri Haul 19 KH Muhammad Zaini bin H Abdul Ghani atau Guru Sekumpul tidak hanya terjadi di Pulau Kalimantan. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Antusias masyarakat menghadiri Haul-19 KH Muhammad Zaini bin H Abdul Ghani atau Guru Sekumpul tidak hanya terjadi di Pulau Kalimantan.

Jemaah bahkan memilih menggunakan jalur laut, dan bersandar di Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin. Beruntung, terdapat Posko Relawan Sekumpul di kawasan Pelabuhan.

Satu di antara relawan zona 7, Rizal mengatakan, posko ini pihaknya dirikan sejak, Sabtu (6/1/2024) dan berakhir hingga pelaksanaan Haul Guru Sekumpul selesai dilaksanakan.

“Sampai saat ini sudah ada lebih ratusan orang jamaah haul Guru Sekumpul yang datang dari luar Kalimantan dan diantarkan ke sekumpul,” ujarnya, Jumat (12/1/2024).

Ia mengatakan jemaah yang datang dari berbagai daerah Indonesia. Tercatat di antaranya Demak, Banten, Tenggarang, Tasik, Lamongan, Sumenep hingga Sumatera.

“Ya dari Jakarta, Jawa Barat, Tengah dan Timur. Ada juga dari Katingan,” ungkapnya.

Dari awal didirikan posko, Rizal mengatakan juga sudah ada beberapa jamaah haul yang diantarkan ke sekumpul.

“Mereka kita antarkan ke sana ke tempat penginapan gratis yang sudah dikoordinasikan, sehingga jamaah tidak ada yang terlantar,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata Rizal saat ini pihaknya masih menunggu jamaah datang yang sudah konfirmasi kepada pihaknya.

Namun, tidak menutup kemungkinan jamaah datang lebih dari jumlah orang yang sudah konfirmasi.

“Tapi kita tetap akan bantu mereka dan saya berharap pelaksanaan haul ini bisa berjalan lancar seperti tahun tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner