Tak Berkategori

PCNU Banjar Potong Puluhan Hewan Kurban, Panitia: Ini yang Terbanyak

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar melaksanakan pemotongan hewan kurban di halaman…

Featured-Image
Proses pemotongan hewan kurban di halaman Gedung PCNU Banjar pada Senin (11/8/2019). Foto-PCNU Banjar for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar melaksanakan pemotongan hewan kurban di halaman Gedung PCNU Banjar, Jalan Ahmad Yani kilometer 40, Martapura, Kalimantan Selatan pada Senin (12/8/2019) pagi.

Disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Kurban PCNU Banjar, H. Hadrianadi, kegiatan ibadah kurban tahun ini merupakan kegiatan yang paling banyak jumlah hewan kurbannya, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Ada 15 ekor sapi yang disembelih. Semuanya berasal dari warga NU dan masyarakat," ujarnya.

Sebenarnya, sambung Hadrianadi, jumlahnya bisa saja lebih banyak dari hewan yang ada. Karena ada banyak orang yang ingin mewakilkan kurbannya melalui panitia kurban PCNU Banjar. Namun pihaknya juga mengukur jumlah dan kemampuan anggota di lapangan, khawatir tidak berjalan maksimal.

"Banyak yang mau mewakilkannya di-NU. Ya terpaksa kita arahkan ke panitia kurban yang lain," jelas Hadrianadi yang juga menjabat Wakil Ketua PCNU Banjar tersebut.

Hadrianadi melanjutkan, untuk penyaluran daging kurban, pihaknya sudah membagikan 1800 kupon kepada warga NU dan masyarakat sekitar hingga pengurus di kecamatan (MWC).

"Insya Allah tahun-tahun mendatang kita akan berusaha agar mampu menyembelih dan menyalurkan lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara itu, kegiatan pemotongan hewan kurban yang digelar pengurus NU tersebut dipantau dan diawasi langsung oleh Dinas Peternakan Kabupaten Banjar. Mereka mengecek kondisi bagian dalam sapi yang sudah dipotong.

“Pemeriksaan terutama dilakukan pada organ hati,” kata Satriana, petugas Dinas Peternakan.

“Bila ditemukan penyakit semisal cacing pita, maka akan dibuang bagian yang berpenyakit. Namun bila penyakit kategori parah akan diminta untuk tidak membagikan semua bagian hewan kurban tersebut,” sambungnya.

Baca Juga: Ini Uniknya Tradisi Sembelih Hewan Kurban di Masjid Al Jihad Banjarmasin

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner