Kalsel

Pastikan Berfungsi Baik, Propam Polres Tala Periksa Puluhan Senpi Anggota

apahabar.com, PELAIHARI – Propam Polres Tanah Laut (Tala) melaksanakan pemeriksaan puluhan senjata api (senpi) anggota polres…

Featured-Image
Propam Polres Tanah Laut (Tala) melaksanakan pemeriksaan puluhan senjata api (senpi) anggota polres setempat, Jumat (26/2). Foto-apahabar.com/Ali Chandra

bakabar.com, PELAIHARI – Propam Polres Tanah Laut (Tala) melaksanakan pemeriksaan puluhan senjata api (senpi) anggota polres setempat, Jumat (26/2).

Hal itu dilakukan sebagai upaya pengawasan kedisiplinan internal dan ketertiban pemeliharaan kelengkapan administrasi senpi dinas yang dipegang anggota Polres Tala.

Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi, melalui Kasi Propam Ipda Suriani, mengatakan hari ini Sie Propam Polres Tala melaksanakan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan ketertiban pemeliharaan senjata api.

Pengecekan ini wajib bagi anggota Polres Tala, “Oleh karena itu kita lakukan cek satu persatu senjata api yang dipegang anggota dalam apel tadi,” katanya.

Menurutnya, yang dicek adalah kebersihan apakah masih berfungsi semua pirantinya saat digunakan maupun keamananya.

Selain itu juga pengecekan penggunaan peluru, serta pemeriksaan administrasi kartu izin pemegang senpi dinas.

"Jika masa berlaku habis untuk bisa memegang lagi maka anggota harus mengikuti prosedur tes psikologi, penilaian pimpinan dan mengajukan permohonan kembali," ujar Suriani.

Tujuan dilakukannya penegakan disiplin ini, lanjutnya, adalah sebagai pengawasan internal polri dalam prosedur pemegang senpi dinas.

“Jangan sampai terjadi pemeliharaan yang sembarangan serta mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api oleh anggota Polri,” katanya.

Komentar
Banner
Banner