Kalsel

Pansus Terbentuk, Pengawasan Satuan Tugas Covid-19 di HST Dimaksimalkan

apahabar.com, BARABAI – Pansus Covid-19 telah terbentuk di Hulu Sungai Tengah (HST). Pansus yang dibentuk oleh…

Featured-Image
Wabup Berry dan Pansus Covid-19 HST saat rapat kerja di ruang rapat DPRD HST, Rabu (5/8)./Foto-Wagiman for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Pansus Covid-19 telah terbentuk di Hulu Sungai Tengah (HST). Pansus yang dibentuk oleh DPRD HST ini diketuai oleh Erwin Jacky Silalahi yang saat ini menjabat Wakil Ketua Komisi III.

Pansus belum lama ini mengundang Tim Gugus Tugas Covid-19 HST untuk membahas perkembangan wabah tersebut di wilayah kerjanya. Rapat kerja pun digelar di ruang rapat DPRD HST, Rabu (5/8).

Anggota Pansus Covid-19 yang juga anggota Komisi II DPRD HST, Yajid Fahmi menjelaskan betapa pentingnya sampai-sampai dibentuk oleh DPRD HST.

“Dengan adanya Pansus ini, pengawasan terhadap program penanganan Covid-19 dan anggaran yang disalurkan dapat kita awasi lebih maksimal,” kata Yazid.

Sementara dalam rapat kerja, Erwin meminta kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk melaporkan realisasi kegiatan yang dilaksanakan.

Pimpinan rapat saat itu meminta penjelasan secara global sebelum dilanjutkan laporan secara detil dari masing-masing SKPD.

“Terutama realisasi anggaran SKPD terkait, selaku gugus tugas dalam penanganan Covid-19,” kata Erwin saat memimpin rapat kerja.

Terkait Tim Gugus Tugas, Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan menyampaikan sudah dibubarkan oleh pemerintah pusat. Sehingga berubah menjadi Satuan Tugas Covid-19.

“Untuk HST sampai saat ini belum menyesuaikan secara langsung. Laporan realisasi kegiatan dan anggaran secara detil akan dilaporkan oleh masing-masing SKPD,” kata Berry.

Memasuki adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi atau New Normal, Berry memaparkan beberapa aktivitas mulai dilonggarkan. Misalnya, acara pernikahan, pembukaan wisata dan aktivitas di pasar.

“Pemkab HST sudah mulai melonggarkan. Namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Berry.

Pemkab HST, lanjut Berry, belum lama tadi melakukan uji coba membuka kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dan diisi orientasi pengenalan sekolah kepada siswa baru.

“Kemudian ditindak lanjuti pembelajaran secara daring atau belajar di rumah. Untuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama menyesuaikan,” ujar Berry.

Sedangkan perkantoran, semua sudah kembali normal. Termasuk untuk apel gabungan SOPD tiap Senin pagi dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Semua sudah mulai bekerja di kantor, kecuali orang dengan keadaan tertentu atau sakit, diizinkan bekerja mulai rumah,” terang Berry.

Terkait data Covid-19 di HST, Berry mengatakan, perkembangan orang terpapar Covid-19 masih cenderung meningkat.

Sesuai data Covid-19 yang dirilis Diskominfo HST, kata Berry, orang yang terkonfirmasi positif itu berdasarkan hasil swab dan hasil tracking ke sejumlah orang.

Mereka yang ditracking dan diswab, disinyalir melakukan kontak langsung dengan pasien yang berpotensi menularkan Covid-19.

“Ada kurang lebih 500 swab, bila kita tambah tes swab maka bukan tidak mungkin kasus Covid-19 bertambah,” terang Berry.

Per 5 Agustus, orang terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 179. Sebanyak 108 orang di antaranya sembuh.

Sedangkan orang yang masih dalam perawatan berjumlah 62 dan yang dinyatakan meninggal sebanyak 9 orang.

img

Rapat kerja Pansus dan Satuan Tugas Covid-19 HST di ruang rapat DPRD HST, Rabu (5/8).Foto-Wagiman for bakabar.com

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner