Tak Berkategori

Paman Birin, Slank dan Ribuan Masyarakat Deklarasikan Geopark Meratus

apahabar.com BANJAR – Deklarasi Geopark Meratus, di Kiram Park Minggu (24/2) sore tadi berlangsung meriah. Kegiatan…

Featured-Image
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Band Slank, penyanyi Inka Christie, jajaran Kepala Daerah Kabupaten Kota di Kalsel membacakan deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus, di Kiram Park Minggu (24/2) sore. Deklarasi ini juga diikuti oleh ribuan masyarakat yang hadir, termasuk Slankers yang hadir. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

bakabar.com BANJAR – Deklarasi Geopark Meratus, di Kiram Park Minggu (24/2) sore tadi berlangsung meriah. Kegiatan yang dicetus Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai kalangan.

Termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalsel, sejumlah kepala daerah di kabupaten/kota dan para penggiat lingkungan di Kalsel pun mengikuti kegiatan tersebut.

Deklarasi Geopark ini dibacakan langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor beserta Band Slank serta ribuan masyarakat yang hadir.

Baca Juga:Konser Slank Jadi Ajang Silaturahmi Slankers

“Dengan deklarasi ini, kita semua bertekad menjaga dan melestarikan Geoprak pegunungan Meratus beserta seluruh Geosite di dalamnya,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, deklarasi ini juga untukmendukung pengembangan Geopark Nasional Pegunungan Meratus, sebagai salah satu wisata geologi unggulan di Kalimantan Selatan. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungannya.

“Acara ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah. Kita semua beryukur hidup di Bumi Lambung Mangkurat. Karena Kalsel bagaikan sehelai kain dari surga,” ungkapnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mendukung acara Deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus ini.

Sementara itu vokalis Slank, Kaka mengungkapkan, Geopark Nasional Pegunungan Meratus ini harus menjadi sesuatu yang positif bagi masyarakat Meratus. Terutama bagi masyarakat Adat Dayak disana.

“Kita semua harus jaga supaya tetap bagus, tetap bersih Meratus ini,

Baca Juga: 'Cinta Kita' Paman Birin dan Inka Christie

jangan sampai merusak alam. Kita semua juga harus sadar dan peduli akan sampah. Baik di darat, di laut dan di gunung,” ungkapnya.

Perlu diketahui, 36 Geosite di Pegunungan Meratus telah dinyatakan menjadi Geopark Nasional Pegunungan Meratus pada 30 November 2018 lalu. Dimana 36 Geosite ini berada di 11 Kabupaten Kota di Kalsel. Mulai dari Kabupaten Kotabaru sampai dengan Kabupaten Tabalong.

Kedepan 36 Geosite ini akan dibenahi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Termasuk infrastruktur didalamnya. Dimana pengelolannya nanti akan diserahkan kepada masyarakat sekitar Geosite di Geopark Pegunungan Meratus.

Usai acara deklarasi, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga melakukan penandatanganan deklarasi Geopark Meratus.

Baca Juga:Slank Imbau Masyarakat Kalsel Lindungi Geopark Meratus

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner