Pemprov Kalsel

Paman Birin Satu-satunya Gubernur yang Diganjar Anugerah Perkebunan

Sahbirin Noor atau Paman Birin merupakan satu-satunya gubernur di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Anugerah Perkebunan 2023.

Featured-Image
Paman Birin terima Anugerah Perkebunan dari Menteri Pertanian, Yasin Limpo. Foto-Adpimprov Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Sahbirin Noor atau Paman Birin merupakan satu-satunya gubernur di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Anugerah Perkebunan 2023.

Pengehargaan yang disematkan adalah kategori pemerintah daerah, dalam mengembangkan inovasi permodelan kerja sama integrasi usaha perkebunan kelapa sawit dengan usaha lainnya.

Inovasi itu ialah Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (Siska KU Intip).

Selain Paman, juga ada 3 bupati yang mendapatkan penghargaan sama, yakni Bupati Mempawah, Bupati Ogan Komering Ilir dan Bupati Wajo.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo kepada Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2023 di Tengerang, Kamis (7/9/2023).

"Penghargaan ini berkat kerja keras dan sinergi stakeholder terkait dalam memajukan sektor perkebunan," kata Paman Birin.

Dirinya menggagas program sistem integrasi kelapa sawit sapi berbasis kemitraan usaha ternak inti plasma (Siska Ku Intip) untuk peningkatan produksi dan populasi sapi melalui pemanfaatan lahan sawit inti-plasma, pemanfaatan limbah industri sawit dan pelepah sawit untuk pakan ternak.

Kemudian penguatan pembiayaan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan penguatan rantai pasok ternak dan hasil ternak.

"Apa yang diperoleh ini semoga menjadi spirit bagi semua, khususnya para pelaku perkebunan untuk bisa terus mengembangkan potensi," tuntas Paman Birin.

Editor


Komentar
Banner
Banner