Tak Berkategori

Paman Birin Rencananya Salat Idul Fitri di Masjid Sabilal Muhtadin

apahabar.com, BANJARMASIN – Panitia Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin menyiapkan segalanya untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri…

Featured-Image
Mesjid Raya Sabilal Muhtadin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Panitia Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin menyiapkan segalanya untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri besok, Rabu (5/6/2019).

Guru KH Hasan Husaini rencananya akan menjadi khatib Salat Idul Fitri di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin.

Baca Juga: Malam Idul Fitri, Ingat Imbauan BPBD Banjarmasin

Hasan Husaini merupakan Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hulu Sungai Tengah (HST) dan Ketua STAI Al Washliyah Barabai.

Selain Husaini, ada juga Tuan Guru H Abdul Muthalib yang ditunjukkan sebagai Imam Salat Id 1 Syawal 1440 Hijriah di mesjid tertua Provinsi Kalimantan Selatan. Guru Besar itu adalah Imam Masjid Agung Barabai.

Kemudian yang dipercaya menjadi Muadzin yakni Ustadz Ibnu Rusydii. Qori ini pernah mengharumkan nama Kalsel di level nasional.

“Kita menginginkan Sabilal Muhtadin ini sebagai Masjid Provinsi jadi setiap tahun kita melibatkan tuan guru di daerah,” terang Ketua Umum Pengurus Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, H Darul Quthni kepadabakabar.com, Selasa (4/6).

Selain itu, Quthri mengakui bahwa Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Sabilal pada 5 Juni atau 1 Syawal 1440 Hijriah.

Tak hanya Gubernur, pihaknya juga mengundang para tokoh agama, pimpinan SKPD Pemprov Kalsel dan Kota Banjarmasin untuk menjalankan salat setelah puasa satu bulan penuh.

“Mereka itu biasanya punya keterlibatan di Mesjid Sabilal Muhtadin. Jadi mereka akan berhadir berbaur dengan jamaah lainnya,” terangnya.

Dia memprediksi 10 ribu umat Islam akan memadati bagian kanan Mesjid Sabilal Muhtadin sebelum pelaksanaan Salat Id digelar pukul 07.15 Wita.

Makanya dia mengimbau para jamaah yang ingin menunaikan ibadah agar segera masuk ke kantor parkir yang telah disediakan pihak pengelola Masjid.

Tujuan, katanya untuk tidak mengganggu lalu lintas di ruas jalan kawasan Masjid. Sehingga juga agar tidak menumpuknya kendaraan.

“Dengan adanya para petugas itu, kita harapkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan para jamaah saat hendak menuju Mesjid maupun Salat Id,” bebernya.

Kemudian, ia juga mengharapkan para jamaah bertanggung jawab dengan sampah yang dibawanya sendiri atau ditaruh ke tempat sampah yang sudah disediakan.

Di sisi lain, sebanyak 1300 petugas Mesjid Sabilal Muhtadin disiagakan sejak Malam Takbiran hingga pelaksanaan Salat Id.

Baca Juga: Areal Festival Tanglong Jadi Tempat Pemudik Beristirahat

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner