Tak Berkategori

Pagi Ini di Pengaron Banjar, Nyaris Seperti Banjir Besar 2021

apahabar.com, MARTAPURA – Banjir di sejumlah wilayah Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel, sedang mengalami puncaknya pagi…

Featured-Image
Kondisi banjir di Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Rabu (12/1) pagi. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Banjir di sejumlah wilayah Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel, sedang mengalami puncaknya pagi ini, Rabu (12/1).

Kondisi banjir saat ini nyaris seperti dengan banjir besar awal 2021 lalu, di mana ketinggian air di Pasar Pengaron nyaris sampai atap.

“Ketinggian air di Pengaron hampir sama seperti [banjir] tahun kemarin,” ujar Muhammad salah satu warga Pengaron.

Sejak kemarin, BPBD Kabupaten Banjar, para relawan dan aparat Forkopimcam Pengaron sudah mulai mengevakuasi warga.

Laporan sementara dari Koramil 1006-02/Pengaron, sedikitnya 298 rumah terendam dengan total 347 kepala keluarga (KK), di antaranya 371 jiwa mengungsi.

“Bersama babinsa kami terus memonitor kondisi air dan membantu warga yang terdampak banjir di 8 desa di wilayah Kecamatan Pengaron ini," kata Danramil Pengaron Peltu Ekodiyanto.

8 desa tersebut terdiri dari Desa Pengaron, Ati’im, Lobang Baru, Lumpangi, Benteng, Mengkauk, Antaraku, dan Lok Tunggul.

Untuk ketinggian air bervariasi, dari 20 sentimeter hingga 160 sentimeter.

Banjir besar di Pengaron ini setelah menerima banjir kiriman dari meluapnya Sungai Riam Kiwa di Kecamatan Sungai Pinang, kemarin.

Seperti pengalaman sebelum-sebelumnya, kondisi ini tidak berlangsung lama, dalam waktu 24 jam biasanya air sudah surut.

Namun siap-siap warga yang berada di wilayah hilir yang menerima kiriman luapan sungai, seperti di Astambul, hingga Martapura.

Komentar
Banner
Banner