Kalsel

Operasi Lilin Intan 2019 Dimulai, Polisi Waspadai 12 Potensi Rawan

apahabar.com, MARABAHAN – Menandai operasi terpusat pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Barito Kuala menggelar apel…

Featured-Image
Kapolres Barito Kuala, AKBP Bagus Suseno, memberi instruksi kepada perwira-perwira Polres Batola seusai apel gelar pasukan Operasi Lilin Intan 2019. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN – Menandai operasi terpusat pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Barito Kuala menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Intan 2019, Kamis (19/12).

Operasi Lilin Intan 2019 berlangsung selama sepuluh hari terhitung mulai 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. Sementara objek pengamanan antara lain tempat ibadah, objek wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru dan terminal.

Kapolres Batola, AKBP Bagus Suseno, bertindak sebagai pembina apel yang diikuti Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor, jajaran perwira Polres Batola, Kapolsek, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Batola, Damkar dan Pramuka.

Start Operasi Lilin Intan 2019 ditandai penyematan pita warna merah kepada masing-masing perwakilan. Semua stakeholder yang terlibat, kemudian ditempatkan di pos pengamanan, pelayanan dan pos terpadu.

“Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah tindakan preventif dan preemtif dengan didukung kegiatan operasi intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi dan penegakan hukum,” papar Bagus yang membacakan amanat Kapolri.

Berdasarkan prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang dapat terjadi selama pelaksanaan Operasi Lilin Intan 2019. Mulai dari aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, dan kecelakaan transportasi.

Kemudian sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba atau miras.

“Menyikapi potensi kerawanan tersebut, petugas harus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk melakukan langkah proaktif dan tepat guna sesuai karakter masyarakat masing-masing daerah,” tegas Bagus.

“Sementara untuk mengantisipasi kerawanan di Batola, kami di antaranya mendirikan pos pengamanan di Handil Bakti yang rawan kemacetan. Kami juga menyiagakan Sat Polair guna mengantisipasi kecelakaan air,” tandasnya.

Baca Juga: Gelar Operasi Lilin Intan 2019, Kapolres Tanbu: Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Baca Juga:Pelanggaran Meningkat, Polisi Siapkan Operasi Lilin di HST

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner