Politik

NonParpol, Yunani-Suriani Serahkan 36.229 Dukungan Pilbup Banjar

apahabar.com, MARTAPURA – Bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan M Yunani-M Suriani Shiddiq menyerahkan berkas syarat dukungan…

Featured-Image
 Bakal pasangam calon (bapaslon) perseorangan M Yunani-Suriani Shiddiq menyerahkan berkas dukungan kepada KPU Banjar, Sabtu (22/2). Foto-apahabar.com/hendra

bakabar.com, MARTAPURA – Bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan M Yunani-M Suriani Shiddiq menyerahkan berkas syarat dukungan kepada KPU Banjar, Sabtu (22/2).

Yunani-Suriani merupakan bapaslon perseorangan kedua pemilihan bupati (Pilbup) Banjar yang menyerahkan berkas ke KPU Banjar.

Sebelumnya pada hari pertama dibuka, pada Rabu (19/2), bapaslon Andin Sofyanoor-Guru M Syarif Busthomi (Guru Oton) menyerahkan berkas ke KPU.

Kedua bapaslon datang langsung menyerahkan berkas diikuti sekitar 10 orang dari tim pemenangannya.

Jumlah dukungan yang diserahkan totalnya 36.229 dukungan yang tersebar dari 18 kecamatan dan 234 desa.

Pantauan bakabar.com, berkas dukungan dibuat dalam tiga books besar dengan 18 kotak kertas dan beberapa map jinjing.

Ketua KPU Banjar Muhaimin mengungkapkan, secara garis besar memang sudah memenuhi minimal syarat dukungan yakni 35.237 dukungan yang tersebar minimal di 11 kecamatan.

Kendati demikian, lanjut Muhaimin, masih ada sebagian berkas yang belum tersusun rapi. “Tadi sudah ada komitmen bahwa akan diperbaiki susunannya sesuai urutan,” ungkap Muhaimin.

Komisioner Bawaslu Banjar, Hairul Falah menjelaskan, masih ada sekitar 6 kecamatan yang belum tersusun sesuai aplikasi sistem informasi pencalonan (SILON).

“Ini sama seperti pasangan sebelumnya yaitu Andin-Guru Oton, yang mana berkasnya belum tersusun rapi,” ujar Hairul Falah.

Pihak KPU, lanjut Falah, akan memberikan waktu kepada tim paslon perseorangan untuk memperbaiki sampai tanggal 23 Februari.

Ia menambahkan, secara keseluruhan berkas yang diserahkan dengan SILON, dan juga kelengkapan dokomen seperti B.1-KWK, B.1.1-KWK, B.2-KWK.

“Alhamdulillah penyerahan berjalan lancar, tadi KPU juga mencek dan kita memastikan bahwasanya diberi tandatangan dan bermaterai, dan juga tadi dicek sampelnya antara SILON dan berkas dukungan juga sama,” imbuh Falah.

M Yunani, bakal calon Bupati Banjar mengaku optimis akan lolos administrasi pencalonan KPU.

Terkait penyusunan yang belum semestinya, ia mengaku baru mengetahui dua hari sebelumnya, setelah disurati KPU.

“Kita sangat optimis bakal lolos administrasi. Untuk perbaikan kita kejar target tanggal 23 besok malam sudah selesai,” tuturnya.

Ia menambahkan, timnya bakal melakukan perbaikan susunan berkas di KPU, sama halnya seperti bapaslon Andin-Guru Oton.

Baca Juga: Resmi, Heriadi Kembali Nakhodai Hanura Kalteng

Baca Juga: Maju di Pilkada Kotabaru, Zairullah Juga Akui Kantongi Restu di Luar Partai

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner