Bisnis

Nasida Ria X JKT48, Kolaborasikan Kasidah dan Pop di Lagu 'Ini Ramadan Kita'

Dibentuk pada era 1990-an, grup kasidah Nasida Ria kembali viral pada masa sekarang.

Featured-Image
KOLABORASI grup kasidah Nasidaria dan kelompok vokal idola remaja masa kini JKT48.(Foto Antara)

bakabar.com, JAKARTA -- Google Indonesia meluncurkan kolaborasi dua grup musisi lintas generasi yang unik, yaitu Nasida Ria x JKT48. Kolaborasi grup kasidah yang berjaya di era 1990-an dan kelompok vokal yang popular di masa sekarang itu membawakan lagu spesial bulan suci Ramadhan bertajuk “Ini Ramadan Kita”. Musik yang disajikan menyesuaikan dengan kedua karakter grup tersebut, antara kasidah dan pop.

Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan, mengatakan kolaborasi ini dimaksudkan untuk menggandeng semua kalangan untuk menjalani minat, hobi, dan gaya hidup yang terus mengalami evolusi, bersamaan dengan semangat dalam bulan suci Ramadhan.

“Musik itu kan universal. Kita bisa mengerti lintas generasi, lintas bahasa, karena musik itu mampu menyentuh hati. Kalau untuk berbicara dari hati ke hati, meningkatkan semangat, paling pas dari musik,” ucap Feliciana dalam peluncuran kolaborasi Nasida Ria x JKT48 di Jakarta, Kamis (14/3/2024). 

Pada tahun lalu, Google Indonesia mengajak Nasida Ria bergabung dalam program Ramadhan dan ternyata mendapat respons positif dari anak-anak muda. Meskipun grup kasidah ini terbentuk era 1990-an, namun Nasida Ria kembali viral pada masa sekarang lantaran kutipan lagunya mengenai bom nuklir.

Tampil di sejumlah acara-acara anak muda, seperti Synchronize Fest, Nasida Ria tampak disukai anak-anak muda hingga banyak yang hafal dengan lagu mereka. Untuk itu, Google Indonesia mencetuskan ide untuk tahun ini agar Nasida Ria kembali diajak bergabung dan dikolaborasikan dengan grup yang memang berasal dari masa sekarang yakni JKT48. 

 “Kami senang banget dengan respons sangat positif ketika kolaborasi dengan Nasida Ria tahun 2023. Teman-teman terhibur dengan lagu-lagu Nasida Ria yang legendaris. Makanya dari kerja sama itu, kami ingin bawa lagi kegembiraan. Semoga kolaborasi ini nggak cuma membawa kegembiraan, tapi juga disukai untuk semua kalangan dan usia,” kita Feliciana, yang dilansir republika.co.id.

‘Ini Ramadan Kita’ yang merupakan judul lagu kolaborasi mereka itu, adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa ada banyak cara untuk menjalankan bulan suci. ‘’Siapapun komunitasnya, apapun minatnya, penting untuk terus menjadi diri sejati dan bersatu dalam keberagaman, terutama pada bulan suci Ramadhan,’’ katanya.

Shani JKT48 mengatakan, personel Nasida Ria sangat fun ketika syuting bareng dan selalu mengajak mereka ngobrol sehingga tidak ada rasa canggung selama menjalani proses syuting video klip selama satu hari penuh.

“Senang banget bisa kolaborasi bareng Nasida Ria, juga Google Indonesia, terima kasih. Waktu dikasih tahu pertama kali tentang kolaborasi ini, kaget sih karena kami kan banyak yang masih remaja, jadi banyak penyesuaian terutama di musiknya,” kata Shani.

Jika melihat video klip yang diunggah di akun Instagram Google Indonesia serta saluran Youtube Google Indonesia, ada transisi musik antara bagian Nasida Ria dan JKT48. Tetapi semuanya terdengar pas, tidak ada yang terlalu mendominasi, lagunya pun easy listening.(*)

Editor
Komentar
Banner
Banner